PENGARUH CITRA MINIMARKET TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO ALFAMART CIKUTRA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH CITRA MINIMARKET TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO ALFAMART CIKUTRA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH CITRA MINIMARKET TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO ALFAMART CIKUTRA BANDUNG
Author: Fatmawati, Ria
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Ria Fatmawati (0209U401), Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, dibawah bimbingan Bapak Titto Suhendra, S.E., M.M. dengan judul “Pengaruh Citra Minimarket Terhadap Loyalitas PelangganPada Toko AlfamartCikutra Bandung (studi kasus pada pemilik member kartu AKU atau pelanggan yang berbelanja di Alfamart Cikutra)”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tanggapan konsumen atas Citra Minimarket di Perusahaan Retail Alfamart, Untuk mengetahui berapa banyak pelanggan di Perusahaan Alfamart dan seberapa besar Pengaruh Citra Minimarket Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Alfamart Cikutra Bandung. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif adalah memberikan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat dengan fakta, sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan. Untuk mengukur dan menganalisia pengaruh antara kedua variabel, penulis menyebarkan kuesioner pada 30 responden pada pemilik member kartu AKU atau pelanggan yang berbelanja di Alfamart. Berdasarkan hasil penelitian bahwa untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra MinimarketPerusahaan Retail Alfamart Cikutra terhadap loyalitas pelanggan, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data yang diperoleh dari hasil kuesioner, hasil analisis koefisien determinasi 𝑅2sebesar 0,899 , hal ini menunjukan bahwa Citra Minimarketmemiliki pengaruh yang cukup kuat dibandingkan dengan faktor lainnya.Dari hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 89,9%, yang artinya bahwa Citra Minimarket mempengaruhi loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya yaitu 10,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai dilihat t hitung> t tabel(15,744>2,0484) yang berarti HOditolak dan Ha diterima. Ini berati terdapat hubungan positif antara Citra Minimarket dengan loyalitas pelanggan, maka hipotesis yang diajukan penulis yaitu :“Citra Minimarket mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada toko Alfamart Cikutra Bandung” dapat diterima. Adapun saran penulis dalam penelitian ini adalahsebagai informasi untuk kegiatan pemasaran terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri, sehingga konsumen dapat dipertahankan akan loyalitas mereka kepada citra (image) perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3716
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 30.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 32.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 336.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 137.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 35.17Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 182.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 245.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 141.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 42.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record