PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAPPENGELOLAANLAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAPPENGELOLAANLAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAPPENGELOLAANLAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Zulfikar, M. Fiekri S.
Abstract: Laporan keuangan sektor publik merupakan representasi terstruktur posisi keuangan akibat transaksi yang dilakukan. Semakin baik penyajian laporan keuangan pemerintah daerah maka akan berimplikasi terhadap peningkatan terwujudnya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Aksesibilitas laporan keuangan merupakan kemudahan bagi seseorang untuk memperoleh informasi mengenai laporan keuangan. BPK menemukan masih banyak permasalahan pada pengelolaan keuangan pemerintah Kota Bandung yang menunjukkan lemahnya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. BPK juga menemukan masih banyak permasalahan pada penyajian laporan keuangan pemerintah Kota Bandung. Di samping itu, pemerintah Kota Bandung juga belum mampu menyediakan semua informasi keuangan secara terbuka kepada publik. Masalah pertama ialah pengelolaan dan pertanggungjawaban dana BOS yang belum sesuai ketentuan. Masalah kedua, para bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu setiap Kabupaten/Kota tidak menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Lalu banyak aset yang dikuasai pihak ketiga dan tidak didukung dengan perjanjian pinjam pakai, dan pengendalian atas pengelolaan pendapatan daerah yang belum memadai. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory, ialah suatu metode penelitian yang bermaksud untuk mendapatkan kejelasan fenomena yang terjadi secara empiris dan berusaha untuk mendapatkan jawaban hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survey adalah suatu penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada, mencari keterangan-keterangan secara faktual, baik tentang institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai sumber maupun cara. Dilihat dari sumber datanya, maka pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Sedangkan dilihat dari cara atau teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya kuesioner (angket) dan observasi (pengamatan), atau gabungan keduanya (data Primer). Hasil penelitian secara simultan atau bersama-sama varibel independen yaitu variabel transparansi dan variabel akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu variabel pengelolaan laporan keuangan daerah. Sedangkan besar pengaruh transparansi dan akuntabilitas dalam memberi kontribusi pengaruh terhadap pengelolaan laporan keuangan daerah sebesar 52,4%, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian seperti kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan, pengendalian internal, dan lain-lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3705
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.21Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.66Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.47Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 143.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 220.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.44Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record