PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, LOCUS OF CONTROL, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Survei Penelitian pada Perusahaan-perusahaan BUMN di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, LOCUS OF CONTROL, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Survei Penelitian pada Perusahaan-perusahaan BUMN di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, LOCUS OF CONTROL, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP KINERJA AUDITOR INTERNAL (Survei Penelitian pada Perusahaan-perusahaan BUMN di Kota Bandung)
Author: Aripriyanti, Gevi Nur
Abstract: Auditor internal di Perusahaan-perusahaan BUMN perlu diamati karakteristik individunya, karena karakteristik individu auditor internal tersebut sangat mempengaruhi hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan dan pengendalian internal perusahaan. Apabila auditor internal di Perusahaan-perusahaan BUMN memiliki kinerja yang baik dalam memenuhi tanggungjawabnya, maka pengendalian internal dalam perusahaan tersebut akan berjalan dengan lebih baik, mampu memberikan hasil kerja yang optimal dan menciptakan mekanisme pengawasan yang dapat memastikan bahwa penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang ada di dalam perusahaan telah digunakan secara efektif dan efisien. Namun kenyataannya, kinerja auditor internal di Perusahaan-perusahaan BUMN belum dikatakan baik,hal ini dapat terlihat dari permasalahan yang tengah menimpa Perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia. Kurang efektifnya kinerja auditor internal atau unit SPI tersebut tercermin pada proses pencatatan yang tidak/belum dilakukan secara akurat, tepat waktu dan tidak menaati ketentuan dan prosedur yang ada, belum adanya kebijakan dan perlakuan akuntansi yang jelas, ketidakcermatan dalam melakukan perencanaan, belum dilakukannya koordinasi dengan pihak terkait, penetapan/pelaksanaan kebijakan yang tidak tepat, belum ditetapkannya prosedur kegiatan, serta lemahnya sistem pengawasan dan pengendalian. Hal tersebut didasarkan atas informasi tentang temuan BPK yang berkaitan dengan bentuk lemahnya sistem pengendalian internal BUMN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Komitmen Organisasi, Locus of Control, dan Kompleksitas Tugas terhadap kinerja auditor internal pada Perusahaan-perusahaan BUMN di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komitmen Organisasi, Locus of Control, dan Kompleksitas Tugas baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Auditor Internal pada Perusahaan-perusahaan BUMN di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3702
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.59Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 171.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 224.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 202.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 270.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 237.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 597.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 544.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 124.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 261.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record