TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (TELKOM) DIVISI HR

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (TELKOM) DIVISI HR

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (TELKOM) DIVISI HR
Author: Cahyani, Rizki
Abstract: Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuan bagi organisasi atau perusahaan untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan organisasi. Walaupun didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber dana yang berlebihan, tetapi tanpa dukungan sumber daya manusia yang ada kegiatan organisasi tidak akan terselesaikan dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kebutuhannya. Sebagai kunci pokok, sumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tehnik pengumpulan data, cara observasi dan wawancara oleh sebab itu saya tertarik melakukan penelitian tugas akhir dengan judul “TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (TELKOM) DIVISI HR” Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dalam melaksanakan Pengambilan keputusan baik dalam rangka pengembangan karir, maupun peningkatan kinerja karyawan sebaiknya dilakukan dengan sebaik – baiknya karena akan berpengaruh dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan yang telah ditetapkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Untuk mewujudkan komitmen penerapan tata kelola Perusahaan yang baik khususnya penerapan prinsip akuntabilitas, Penilaian Kinerja di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk didasarkan pada kebijakan perusahaan Kd.66/2006 dan terdapat 2 penilaian yaitu penilaian kinerja dan penilaian kompetensi. Dimana keduanya merupakan point penting yang dapat menunjang kinerja perusahaan secara keseluruhan. Evaluasinya dilakukan secara berkala (harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan) Metode yang digunakan di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk saat ini adalah menggunakan asas Balance Score card yaitu suatu system manajemen, pengukuran, dan pengendalian secara tepat dan menyeluruh yang dapat memberikan kerangka kerja dan berfikir yang integrasif. Dengan system penilaian berbasis intranet. Hal ini membuat system penilaian lebih efisien baik dari kecepatan, akurat, serta waktu dan biaya. Melalui Telkom R&D (research dan development) Center kemudian mengembangkan sistem penilaian kinerja berbasis Intranet. Pada dasarnya cara kerja penilaian melalui sistem intranet ini sama dengan sistem manual, hanya saja yang berbeda adalah sarana pendukung. Sama seperti halnya dengan sistem manual, penilaian kinerja berbasis intranet ini tetap membutuhkan perencanaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sistem penilaian kinerja dalam sebuah organisasi bersifat relatif, tergantung pada kebutuhan dan tujuan organisasi masing-masing. Kesimpulannya penilaian kinerja karyawan di PT. Telkom berdasarkan kebijakan perusahaan KD.66/2006, masalah yang dihadapi oleh PT. Telkom ada 3 yaitu adanya Central Tendency (kecenderungan penilai memberikan nilai rata-rata), Personal Biases (adanya unsur subjektifitas dalam penilaian kinerja karyawan) selain itu hambatan lain yang sering terjadi adalah seringnya terjadi overload data, sulitnya kesalahan diketahui oleh atasan, dan sulitnya memperbaiki kesalahan penginputan data. Sebaiknya saran untuk PT. Telkom adalah adanya penambahan kuota data pada sistem intranet agar tidak lagi terjadi Overload data dalam proses penilaian. Hal ini sangat penting karena seperti yang kita ketahui karyawan pada PT. Telkom sangatlah banyak dari berbagai divisi dan menggunakan sistem penilaian kinerja berbasis intranet, sehingga sangat wajar jika pada saat penilaian kinerja karyawan melakukan penginputan pada hari yang sama dan membuat server data menjadi Overload karena tidak mampu menampung permintaan yang sangat banyak, sehingga perlu adanya penambahan kuota data yang disesuaikan dengan jumlah karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3698
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Abstrak.pdf 301.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 293.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 61.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 327.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 512.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 357.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 660.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 206.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record