PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MIE INSTAN INDOMIE GORENG DIKALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MIE INSTAN INDOMIE GORENG DIKALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MIE INSTAN INDOMIE GORENG DIKALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG
Author: Rahman, Irwan Fauzi Taufik
Abstract: Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini menjadi alasan utama bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Dengan mengetahui pentingnya atribut – atribut yang ada dalam suatu produk yang diharapkan oleh konsumen serta dengan mengetahui sejauh mana produk yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan. Kondisi ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang atribut produk yang ada pada produk mie instan Indomie Goreng apakah mempunyai pengaruh kepada konsumennya, yang berjudul “Pengaruh Atribut Produk Mie Instan Indomie Goreng Terhadap Loyalitas Konsumen di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung”. Penelitian ini, mengolah 200 kuesioner dari mahasiswa di berbagai universitas berdasarkan rayon wilayah di kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory yaitu metode Penelitian yang bertujuan menelaah kausalitas antar variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Dimana bertujuan untuk menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap atribut produk mie instan Indomie Goreng diperoleh nilai rata – rata 3,55. Hal ini menunjukkan bahwa atribut mie instan Indomie Goreng dapat dikatakan baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap loyalitas produk mie instan Indomie Goreng cukup tinggi, ditunjukkan dengan nilai rata – rata 3,49. Pengaruh atribut produk mie instan Indomie Goreng terhadap loyalitas dapat dikatakan sedang, itu ditunjukkan dengan nilai Rs nya 0,471, artinya semakin tinggi atribut Indomie Goreng, konsumen menjadi sedikit loyal. Pengaruh atribut produk sebesar 22,19 % terhadapa loyalitas konsumen, sedangkan sisanya yaitu 77,81 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur, seperti saluran distribusi, promosi, brand image, dan lain-lain. Dari perhitungan statistik dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, dengan nilai 1,652 < 8,156, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif antara atribut produk mie instan Indomie Goreng dengan loyalitas konsumen. Dengan demikian hipotesis yang dijelaskan pada bab 1 yaitu “Terdapat hubungan yang positif antara atribut produk dengan loyalitas konsumen” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3677
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 145.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.Pdf 426.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 251.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 187.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 310.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 268.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 372.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 524.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 670.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 168.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 243.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record