PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN FAT PANDA SUKI BAR

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN FAT PANDA SUKI BAR

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN FAT PANDA SUKI BAR
Author: Wibawa, Fauzan Arya
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Fat Panda Suki Bar Bandung”. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen atas store atmosphere yang dilakukan oleh Fat Panda Suki Bar dan bagaimana proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumennya, serta mengetahui besarnya pengaruh antara store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian di Fat Panda Sukibar. Fat Panda Suki Bar merupakan salah satu rumah makan yang menyuguhkan kuliner Oriental khususnya masakan China yang ada di Kota Bandung. Berbeda dengan kebanyakan rumah makan China lainnya, Fat Panda Suki Bar Bandung menawarkan masakan Oriental dengan suasana yang sangat khas dan yang dilengkapi ornament-ornamenyang kental bernuansa China, juga beberapa hiasan seperti gambar dan pajangan-pajangan yang berbentuk hewan khas China yaitu Panda sesuai dengan tema yang diambil oleh rumah makan ini.. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan kesan yang menarik bagi konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk menikmati hidangan ditempat itu. Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan pembelian yang nyaman dan menyenangkan saja, tetapi juga membuat konsumen memutuskan pembelian di toko tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Store atmosphere-pun adalah faktor penting untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian barang yang menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Fat panda Suki Bar Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian rumah makan Fat Panda Suki Bar. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden. Metode pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling, dimana sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah pengunjung rumah makan yang ditemui secara kebetulan pada saat penelitian ini berlangsung. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variable diatas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan juga dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas, Koefesien Korelasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi, dan Pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian bahwa proses store atmosphere di Rumah Makan Fat Panda Suki Bar dapat dikatakan baik, yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 3,94 yang berada pada interval 3,40-4,19. Tanggapan konsumen atas proses keputusan pembelian memiliki nilai sebesar 4.12 yang artinya konsumen menyatakan setuju untuk mengambil keputusan pembelian pada Fat Panda Suki Bar karena berada pada interval 3,40-4,19. Pengaruh besarnya store atmosphere dengan proses keputusan pembelian di Rumah Makan Fat Panda Suki Bar diperoleh nilai r sebesar 0,640 yang termasuk kategori yang kuat. Besarnya pengaruh faktor store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian sebesar 41%. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =8,245 > 1,660 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Maka store atmosphere Fat Panda Suki Bar memiliki pengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa “Semakin baik proses store atmosphere yang dilakukan oleh Rumah Makan Fat Panda Suki Bar di Bandung, maka cenderung semakin tinggi pula proses keputusan pembelian konsumen yang dilakukan konsumen”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3673
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 621.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 951.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 419.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 326.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 277.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 422.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 639.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 827.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 185.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record