ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN TELLER DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PT. BANK BJB CABANG BUAH BATU BANDUNG

Widyatama Repository

ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN TELLER DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PT. BANK BJB CABANG BUAH BATU BANDUNG

Show full item record

Title: ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN TELLER DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PT. BANK BJB CABANG BUAH BATU BANDUNG
Author: Puspitasari, Fanny
Abstract: Antrian merupakan orang-orang atau barang dalam barisan yang sedang menunggu untuk dilayani. Antrian panjang sering terlihat pada waktu-waktu tertentu di fasilitas pelayanan Bank Bjb Cabang Buah Batu. Hal ini disebabkan oleh waktu pelayanan yang tidak sesuai dengan standar waktu yang telah ditetapkan. Dari upaya yang telah dilakukan melalui weekend banking, ternyata masih belum cukup mengurangi antrian yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja sistem antrian teller Bank Bjb Cabang Buah Batu Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh hasil penelurusan dan kajian mengenai sistem antrian yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu pelayanan yang lama ada pada tahap pengecekan di sistem dan tahap photo copy. Hal ini disebabkan banyaknya nasabah yang belum mengetahui bahwa dalam transaksi setoran pajak perlu membawa bukti bayar pajak agar pihak teller tidak perlu melakukan pengecekan di sistem berapa nominal yang harus dibayar. Penyebab lainnya yaitu mesin photo copy yang jaraknya berjauhan dengan teller karena terbatasnya layout yang ada. Diberlakukannya himbauan peraturan bagi para nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran pajak dan tarik tunai > Rp. 5.000.000 untuk membawa bukti bayar pajak dan photo copy KTP dapat mengurangi antrian yang ada karena pihak teller tidak perlu lagi melakukan pengecekan di sistem dan juga photo copy. Diadakannya pendaftaran melalui telepon membuat nasabah tidak perlu menunggu lama dalam antrian karena mereka tahu jam berapa mereka harus datang. Jalur antrian yang disesuaikan dengan jumlah transaksi juga dapat mengurangi waktu tunggu nasabah sehingga waktu pelayanan menjadi lebih efisien.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3672
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.08Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 547.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 52.90Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 55.84Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.31Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 69.55Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 255.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 145.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 477.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 58.20Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.08Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record