PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE GOVERNMENT TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE GOVERNMENT TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE GOVERNMENT TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat)
Author: Kurniawan, Randy Adam
Abstract: Indonesia di tengah dinamika perkembangan global maupun nasional saat ini menghadapi berbagai tantangan yang membutuhkan perhatian serius semua pihak. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat di era globalisasi sekarang ini ternyata tidak dapat diprediksikan secara pasti. Banyak perubahan yang terjadi sehingga sulit membuat prediksi ke depan termasuk dalam masalah lingkungan.Pemerintah tentunya menyadari bahwa keterpurukan Bangsa Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu penyelenggaraan Negara yang buruk (bad governance) yang kita kenal dengan sebutan KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). Pada kenyataannya kita harus akui bahwa dana yang terhimpun untuk masyarakat luas, seperti pajak yang kita bayar selama ini tidak digunakan seperti yang seharusnya, hanya sebagian kecil masyarakat yang dapat menikmatinya. Seperti pajak yang dipungut pemerintah untuk merawat fasilitas umum saja tidak dirawat dengan baik oleh pemerintah. Hal ini sangat mengkhawatirkan, sepertinya budaya KKN sudah merajarela di kalangan masyarakat Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapangood governance government pada instansi pemerintah juga untuk mengetahui akuntabilitas kinerja pemerintah pada instansi pemerintah. Dalam penelitian ini responden yang dipilih adalah orang yang berkepentingan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat.Good governance diukur menggunakan indikatortransparansi, akuntabilitas, value for money, dan manajemen sumber daya manusia, sedangkan untuk akuntabilitas kinerja diukur menggunakan lima indikator akuntabilitas kinerja. Metode analisa yang digunakan adalah analisa korelasi, analisa regresi sederhana dan koefisien determinasi yang telah diuji sebelumnya untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya.Penelitian ini menggunakan t-test untuk melihat pengaruh antara variabel-variabel bebas dengan variabel terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif terhadap performa manajerial.Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa good governance yang baik pada Instansi Pemerintah akan berdampak pada peningkatan performa akuntabilitas instansi pemerintah tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3658
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.31Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.18Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.99Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 87.51Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 211.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.21Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record