PERANAN AUDITOR INTERNAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGGAJIAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDITOR INTERNAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGGAJIAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDITOR INTERNAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGGAJIAN (Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung)
Author: Setiawan, Gustriani Eka Wardani
Abstract: Audit internal adalah fungsi penilaian independen yang dibentuk dalam suatu organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan sebagai layanan untuk organisasi. Audit internal bertugas mengawasi dan menilai keefektivan pengendalian intern. Pengendalian intern yang efektif dapat meningkatkan proses tata kelola organisasi agar proses tersebut mampu mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan auditor internal dalam upaya meningkatkan pengendalian intern pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah peranan auditor internal (X) sebagai variabel independen dan pengendalian intern penggajian (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal yang berada pada divisi Satuan Pengawas Intern (SPI) dan bagian Keuangan yang bekerja pada PDAM Tirtawening Bandung dan diambil sampel sebanyak 20 orang. Sampel dalam penelitian ini memakai teknik sampling jenuh, yaitu teknik penetuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Kemudian metode yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data pada penelitian ini adalah pengujian validitas, realibilitas, analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukan bahwa auditor internal berperan dalam upaya meningkatkan pengendalian atas penggajian di PDAM Tirtawening Kota Bandung, hal ini ditunjukan dengan nilai persentase sebesar 76,25% termasuk dalam kategori berperan berada pada rentang interval 76-100%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3651
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 91.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 330.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 161.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 323.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 336.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 171.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record