PENGARUH PERSEPSI PENTINGNYA ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, SIFAT MACHIAVELLIAN, DAN PERTIMBANGAN ETIS KONSULTAN PAJAK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS (Survey pada Konsultan Pajak dan Staff Pajak di beberapa Kantor Konsultan Pajak Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PERSEPSI PENTINGNYA ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, SIFAT MACHIAVELLIAN, DAN PERTIMBANGAN ETIS KONSULTAN PAJAK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS (Survey pada Konsultan Pajak dan Staff Pajak di beberapa Kantor Konsultan Pajak Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PERSEPSI PENTINGNYA ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, SIFAT MACHIAVELLIAN, DAN PERTIMBANGAN ETIS KONSULTAN PAJAK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS (Survey pada Konsultan Pajak dan Staff Pajak di beberapa Kantor Konsultan Pajak Bandung)
Author: Krismanto, Fulgentius Ivan Jennuar
Abstract: Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Shafer dan Simmons (2008) dan Jiwo (2011). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor individual konsultan pajak berupa persepsi pentingnya etika dan tanggung jawab sosial, sifat machiavellian dan pertimbangan etis konsultan pajak terhadap pengambilan keputusan etis. Menurut Rest (1986), ada 4 komponen seseorang dalam menghadapi dilema etika dan komponen tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor individual berupa persepsi pentingnya etika dan tanggung jawab sosial, sifat machiavellian dan pertimbangan etis konsultan pajak. Sehingga mendapatkan hipotesis, persepsi pentingnya etika dan tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan etis, sifat machiavellian berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan etis dan pertimbangan etis konsultan pajak berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan etis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan teknik insidental sampling. Sampel yang diperoleh adalah 50 responden dari 14 Kantor Konsultan Pajak (KKP) di Bandung. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor individual berupa sifat machiavellian dan pertimbangan etis konsultan pajak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis sedangkan persepsi pentingnya etika dan tanggung jawab sosial tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis. Dari hasil penelitian tersebut disarankan bahwa konsultan pajak sebaiknya tidak hanya diberikan pelatihan mengenai pengetahuan perpajakan saja tetapi lebih penting adalah pendidikan dan pelatihan mengenai etika profesinya sehingga saat menghadapi dilema etika dapat mengantisipasinya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3649
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.26Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 184.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 177.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 210.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 213.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 446.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 189.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record