PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus Pada Universitas Widyatama Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus Pada Universitas Widyatama Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus Pada Universitas Widyatama Bandung)
Author: Dewi, Aridayani Puspita
Abstract: Universitas Widyatama adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung, berdiri tanggal 2 Agustus 2001. Pada Triwulan IV tahun 2012/2013 tingkat penyerapan anggaran di Universitas Widyatama Bandung tidak mencapai target anggaran. Anggaran yang sudah diberikan tidak sepenuhnya dapat diserap. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa prestasi kinerja manajerial di Universitas Widyatama Bandung tidak terlalu bagus, dikarenakan tidak sepenuhnya aktivitas yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan. Partisipasi dalam proses penyusunan anggaran merupakan proses pengambilan keputusan bersama oleh dua bagian atau lebih pihak, dimana keputusan tersebut akan memiliki dampak masa depan terhadap organisasi. Sedangkan komitmen organisasi merupakan suatu keadaan dimana individu memiliki kepercayaan, keterikatan, serta perasaan memiliki atas organisasi sehingga individu tersebut akan lebih mengutamakan kepentingan organisasi dibandingkan kepentingan individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial di Universitas Widyatama Bandung. Unit analisis dalam penelitian ini adalah para manajer yang berada di Universitas Widyatama Bandung, yaitu para penanggungjawab anggaran. Jumlah kuesioner yang disebar dalam penelitian ini adalah 34 eksemplar sesuai dengan jumlah populasi dan kuesioner yang kembali sebanyak 30 eksemplar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara partisipasi anggaran dan komitmen organisaisi terhadap kinerja manajerial. Secara parsial partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial begitu juga dengan komitmen organisasi yang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3644
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.12Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 158.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 269.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 234.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 277.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 171.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 130.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record