PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCE, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Syariah Indonesia Periode 2008 – 2012)

Widyatama Repository

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCE, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Syariah Indonesia Periode 2008 – 2012)

Show full item record

Title: PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCE, DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Syariah Indonesia Periode 2008 – 2012)
Author: Rulianti, Rurin
Abstract: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Finance, dan Tingkat Bagi Hasil terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2008 – 2012”. Disusun oleh Rurin Rulianti (NPM 0210U282). Fakultas Bisnis dan Manajemen. Jurusan Manajemen. Program Studi S1. Universitas Widyatama, dan dibimbing oleh Bapak Salim Munabi S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Dana Pihak Ketiga, Non Performing Finance, dan Tingkat Bagi Hasil selama periode 2008-2012, untuk mengetahui perkembangan Profitabilitas selama periode 2008 – 2012, dan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Finance, dan Tingkat Bagi Hasil terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia periode 2008 – 2012 baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan alat analisis regresi, korelasi, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 17.00. Pengujian hipotesis menggunakan uji F untuk hipotesis simultan dan uji t untuk hipotesis parsial. Perkembangan Dana Pihak Ketiga, Non Performing Finance, dan Tingkat Bagi Hasil setiap triwulannya selama periode 2008 – 2012 sangat fluktuatif, masingmasing bank yang menjadi objek dalam penelitian ini memiliki peningkatan dan penurunan yang berbeda-beda dari tahun ke tahun. Sedangkan untuk ROA, perkembangan yang terjadi setiap triwulannya di awal tahun 2008 dinilai rendah, namun untuk tahun-tahun berikutnya mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data secara simultan diperoleh hasil bahwa terdapat keeratan hubungan yang rendah antara variabel dana pihak ketiga, non performing finance, dan tingkat bagi hasil dengan Profitabilitas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung < Ftabel atau H0 diterima, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara dana pihak ketiga, non performing finance, dan tingkat bagi hasil, terhadap Profitabilitas. Berdasarkan hasil pengolahan data secara parsial diperoleh hasil bahwa ketiga variabel bebas yakni dana pihak ketiga, non performing finance, dan tingkat bagi hasil, masing-masing memiliki keeratan hubungan yang sangat rendah dengan profitabilitas. Namun berdasarkan hasil pengujian hipotesisnya diperoleh hasil bahwa Dana Pihak Ketiga dan Tingkat Bagi Hasil tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas. Sedangkan Non Performing Finance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3635
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.73Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.29Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.73Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.01Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.62Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.89Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.21Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record