TINJAUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK CONSUMER BANKING TABUNGAN TANDAMATA MY FIRST BANK BJB CABANG MAJALENGKA

Widyatama Repository

TINJAUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK CONSUMER BANKING TABUNGAN TANDAMATA MY FIRST BANK BJB CABANG MAJALENGKA

Show full item record

Title: TINJAUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK CONSUMER BANKING TABUNGAN TANDAMATA MY FIRST BANK BJB CABANG MAJALENGKA
Author: Sukma, Liska Beliawati
Abstract: Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang jika seseorang mempunyai kelebihan dari pendapatannya. Seiring dengan perkembangan jaman kini terdapat perusahaan jasa keuangan yang dapat menjadi sarana untuk menabung bagi masyarakat yaitu jasa perbankan. Jasa perbankan berkembang relatif pesat saat ini, buktinya perusahaan perbankan membuat dan meluncurkan produk-produk perbankan yang sangat variatif dan menarik bagi masyarakat dan dapat memenuhi serta menyesuaikan kebutuhan, keinginan dan permintaan masyarakat saat ini. Tidak berhenti sampai disitu perusahaan perbankan baik itu swasta maupun milik pemerintah berlomba-lomba menetapkan strategi pemasaran untuk produk-produk nya agar dapat diminati oleh masyarakat. Adapun dalam Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian terhadap BANK BJB CABANG MAJALENGKA, sebuah perusahaan jasa perbankan milik pemerintah daerah (BUMD). Pada tahun 2014 ini Bank Bjb mengaluarkan produk baru consumer banking dengan targeting untuk anak-anak 0-17 tahun yaitu tabungan tandamata MY FIRST maka dengan itu tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagiamana Strategi Pemasaran dari produk tabungan untuk anak-anak 0-17 tahun ini dilihat dari teori Marketing Mix dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. “TINJAUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK CONSUMER BANKING TABUNGAN TANDAMATA MY FIRST BANK BJB CABANG MAJALENGKA” Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam melaksanakan kegiatan strategi pemasaran produk My First ini Bank Bjb melakukan strategi pemasaran yang relatif berbeda dari produk-produk lain karena target market yang ditetapkan adalah anak-anak. Dengan desain produk yang menarik dan pembuatan maskot khusus untuk My First, penetapan harga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak-anak, produk yang mudah didapatkan didukung dengan kualitas pelayanan yang baik sehingga konsumen akan merasa nyaman tidak hanya dari segi fasilitas kantor saja. Namun dalam prakteknya Bank Bjb menghadapi hambatan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung diBank untuk anak-anak serta posisi Bank Bjb dalam meluncurkan produk ini sebagai market Followers sehingga secara tidak langsung masyarakat sudah lebih dulu mengenal produk serupa dari perusahaan lain, untuk mengatasi hal tersebut Bank Bjb menerapkan strategi untuk meraih banyak konsumen yaitu melalui penetapan harga yang bersaing dan pelayanan sesuai prosedur perusahaan dan kebutuhan konsumen. Strategi pemasaran dilihat dari segi Marketing Mix dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Bank Bjb Cabang Majalengka untuk produk My First ini Bank Bjb perlu diperbaiki agar dapat meraih konsumen yang lebih banyak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3579
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 78.88Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 650.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.95Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 42.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 303.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 252.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 354.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.96Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record