ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME KABUPATEN BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung)
Author: Dewi, Tamita Kusumah
Abstract: Di era otonomi daerah, salah satu sumber PAD yang paling dapat diandalkan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan dan pemerintahannya adalah pajak daerah. Upaya untuk meningkatkan penerimaan PAD yaitu dengan pengoptimalan pajak daerah. Pajak daerah harus dikelola secara profesional dan transparan dalam rangka optimalisasi dan usaha meningkatkan kontribusinya terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah. Pajak reklame merupakan salah satu jenis pajak daerah yang cukup potensial dan berpengaruh terhadap penerimaan daerah dari sektor pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar potensi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Bandung periode tahun 2008-2013. Metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi obyek pajak reklame yang dimiliki Kabupaten Bandung sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah sangat potensial, hal ini disebabkan karena wilayah Kabupaten Bandung yang strategis untuk dijadikan sebagai ajang promosi atau tempat pemasangan reklame. Objek pajak reklame akan memperlancar pemasukan penerimaan dari pajak reklame. Target penerimaan pajak reklame yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Bandung dalam hal ini pihak DPPK Kabupaten Bandung selalu meningkat dari tahun ke tahun, dan realisasinya juga tiap tahun mengalami peningkatan kecuali pada tahun 2009 dan 2010 realisasi tidak terpenuhi bahkan terjadi penurunan. Dilihat dari rata-rata target dan realisasi pajak reklame di Kabupaten Bandung periode 2008-2013 dapat dikatakan sangat efektif. Kontribusi pajak reklame terhadap PAD dari tahun 2008-2013 secara terus menerus mengalami penurunan. Kontribusinya pun bisa dikatakan relatif kecil. Akan tetapi cukup berarti dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3570
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 233.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.20Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 81.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 270.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record