PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi pada PT Dirgantara Indonesia Persero)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi pada PT Dirgantara Indonesia Persero)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi pada PT Dirgantara Indonesia Persero)
Author: Sugiyartono, Rahadian
Abstract: Audit internal mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang tercapainya sistem pengendalian intern karena melalui fungsi ini semua prosedur yang merupakan unsur audit internal dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Pengendalian intern atas penggajian merupakan suatu struktur dan prosedur mengenai pengumpulan data, perhitungan, pencatatan, pembuatan daftar pembayaran, dan pengawasan atas penggajian tersebut. Pengendalian disini dimaksudkan untuk menghindari penyimpangan atau kekeliruan baik itu disengaja atau tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah audit internal berperan dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian intern penggajian. Penelitian ini dilakukan di PT Dirgantara Indonesia (Persero), adapun unit analisis yang diteliti dalam penelitian ini adalah Satuan Unit Pengawasan Intern (SPI) serta unit-unit lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan pendekatan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling (pengambilan sampel secara nyaman). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa audit internal berpengaruh sebesar 67,6% terhadap sistem pengendalian intern penggajian yang ada di PT Dirgantara Indonesia. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa audit internal memiliki peran yang signifikan dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian intern penggajian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3566
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 426.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 114.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 170.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 144.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 351.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 433.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 91.50Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record