PENGARUH ETIKA DAN SKEPTISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ETIKA DAN SKEPTISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ETIKA DAN SKEPTISME PROFESIONAL AUDITOR TERHADAP KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDIT (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Bandung)
Author: Meriani
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh etika dan skeptisme profesional auditor terhadap ketepatan pemberian opini audit yang dihasilkan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) tahun 2013 di wilayah kota Bandung. Pertimbangan auditor mengenai ketepatan pemberian opini audit merupakan sebuah keputusan yang didasari oleh etika dan skeptisme profesional auditor yang mengatur bagaimana seharusnya seorang auditor bertindak dan dipengaruhinya persepsi auditor dengan meletakkan kepercayaan terhadap ruang lingkup dan temuan audit yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh responden yaitu auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan non probability sampling, pengumpulan data dilakukan dengan mendatangi langsung para responden untuk mengisi kuesioner penelitian dan hasilnya 49 responden yang berasal dari 11 KAP yang bersedia mengisi kuisioner. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) etika berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit (2) skeptisme profesional auditor berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit (3) etika dan skeptisme profesional auditor berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3564
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 65.49Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 111.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 92.64Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 388.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 93.83Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record