PENGARUH NON PERFORMING LOAN DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Empiris pada Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2008-2012)

Widyatama Repository

PENGARUH NON PERFORMING LOAN DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Empiris pada Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2008-2012)

Show full item record

Title: PENGARUH NON PERFORMING LOAN DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Empiris pada Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2008-2012)
Author: Riskiana, Meida Noor
Abstract: Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Penting bagi bank untuk senantiasa menjaga kinerja dengan baik, ukuran dari prestasi yang dicapai dapat dilihat dari profitabilitasnya. Dalam mengukur tingkat profitabilitas, maka perlu mengukur pula tingkat kesehatan bank. Alat untuk mengukur kesehatan bank antara lain dengan analisis aspek aset dinilai dengan Non Performing Loan dan aspek likuiditas meliputi Loan to Deposit Ratio. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh non performing loan dan loan to deposit ratio terhadap profitabilitas bank. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah explanatory. Teknik penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probabiity sampling. Adapun metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling yang berjumlah 28 perbankan konvensional. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, dengan pengujian yang dilakukan diantaranya uji asumsi klasik, uji regresi liner berganda, uji t, uji F, analisis korelasi pearson, dan koefesien determinasi, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%. Berdasarkan hasil penilitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan non performing loan dan loan to deposit ratio berpengaruh secara siginifikan terhadap profitabilitas. Hasil pengujian koefesien determinasi secara parsial menunjukan bahwa non performing loan memberikan konstribusi pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 7,8%, untuk loan to deposit ratio memberikan konstribusi pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 4,2%. Adapun untuk koefesien determinasi secara simultan menunjukan bahwa non performing loan dan loan to deposit ratio memberikan konstribusi pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 12,00%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3563
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.85Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 39.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 38.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.96Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.36Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 43.39Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record