PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Bandung Timur)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Bandung Timur)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Bandung Timur)
Author: Pardede, Mardina Arthalia
Abstract: Kualitas pelayanan pajak atau fiskus dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Perilaku pelayanan fiskus dalam melayani masyarakat besar kecilnya berpengaruh pada kepatuhan wajib Penelitian berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana respon wajib pajak terhadap kualitas pelayanan pajak di kantor Samsat Bandung Timur, mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dan untuk mengatahui pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajiban pajaknya di kantor Samsat Bandung Timur. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif. Respon wajib pajak terhadap kualitas pelayanan pajak di kantor Samsat Bandung Timur dikatakan baik karena memiliki nilai rata-rata 3.98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 16,76%, yang menyatakan setuju sebanyak 76,47%, yang menyatakan cukup setuju sebanyak 5,71%, yang menyatakan tidak setuju sebanyak 0,61% dan yang meyatakan sangat tidak setuju sebanyak 0,46%. Tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Bandung Timur dapat dikatakan tinggi karena memiliki nilai rata-rata 4.00 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 28.13% menyatakan sangat setuju, 61.67% menyatakan setuju, 8.13% menyatakan cukup setuju, 1.67% menyatakan tidak setuju dan 0.42% menyatakan sangat tidak setuju. Pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajiban pajaknya di kantor Samsat Bandung Timur, berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman menunjukkan hubungan 0,778. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor sebesar 60,52% dan sisanya 39,58%. Uji hipotesis t hitung 6,54 > t tabel 1,701 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3561
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 89.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.PDF 126.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 60.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.63Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 146.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.05Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.26Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record