PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)
Author: Jayanegara, Lulu Luftia
Abstract: Audit internal adalah suatu fungsi penilaian yang dilakukan oleh orang dalam bagian perusahaan terhadap seluruh operasional yang terjadi di perusahaan guna membantu pihak manajemen dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Kegiatan audit internal adalah untuk menilai dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan proses tata kelola organisasi (Good Corporate Governance) agar proses tersebut mampu mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Audit internal merupakan faktor penting didalam penerapan Good Corporate Governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan audit internal dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, adapun sasaran penelitiannya adalah Auditor Internal yang berada pada Divisi Satuan Pengawasan Intern (SPI) yang bekerja pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Jenis metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan penelitian asosiatif. Metode analisis asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 16 orang pegawai Satuan Pengawasan Intern (SPI) PDAM Tirtawening Kota Bandung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa peranan Audit Internal dalam penerapan Good Corporate Governance pada Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung menunjukan hasil yang cukup kuat. Dari hasil pengujian Koefisien Determinasi (KD) menunjukan bahwa besarnya peranan Audit Internal dalam penerapan Good Corporate Governance sebesar 45.83%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3560
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.60Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.560Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 153.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 155.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 185.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 461.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 156.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record