PENGARUH PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung)
Author: Prihartini, Febriya
Abstract: Pendapatan Asli Daerah menggambarkan kemandirian suatu daerah, hal ini menyebabkan daerah berlomba-lomba untuk meningkatkan PAD. Pajak Hotel dan Restoran merupakan komponen sangat potensial dalam berkontribusi terhadap PAD Kota Bandung mengingat jumlah hotel dan restoran di Kota Bandung yang terus meningkat. Penelitian ini berjudul Pengaruh Peneriman Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh antara penerimaan Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah secara parsial maupun simultan dari variabel penerimaan Pajak Hotel, penerimaan Pajak Restoran, dan Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pelayanan Pajak di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan studi kasus. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh simultan diuji menggunakan uji F. Dan menggunakan analisis potensi Pajak Hotel dan potensi Pajak Restoran. Pada penelitian ini, penulis menggunakan tingkat signifikansi 5%. Melalui uji t dua arah dihasilkan kesimpulan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerimaan Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah dan terdapat pengaruh yang signifikan penerimaan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara penerimaan Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah. Hasil ini juga menyimpulkan bahwa penerimaan Pajak Hotel dan Restoran berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah sebesar 24,6%. Sedangkan sisanya 75,4% Pendapatan Asli Daerah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan potensi Pajak Hotel dan Restoran, pemerintah sudah kehilangan penerimaan pajak sebesar 40% untuk Pajak Hotel dan 53,78% untuk Pajak Restoran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3546
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 245.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 198.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 258.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 400.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 152.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record