PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)
Author: Suryadinata, Army
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan audit internal, mengetahui sistem pengendalian intern penggajian dan untuk mengetahui peranan audit internal dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian intern penggajian. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, adapun sasaran penelitiannya adalah Auditor Internal yang berada pada Divisi Satuan Pengawasan Intern (SPI) yang bekerja pada PDAM Tirtawening Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan hal yang sebenarnya berdasarkan apa yang tampak dan dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menyajikan data disertai analisis yang dapat memperjelas gambaran tentang objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 17 orang pegawai Satuan Pengawasan Intern (SPI) PDAM Tirtawening Kota Bandung. Hasil dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa peranan Audit Internal dalam menunjang Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Penggajian pada Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung menunjukan hasil yang sangat kuat. Dari hasil pengujian Koefisien Determinasi (KD) menunjukan bahwa besarnya peranan Audit Internal dalam menunjang Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Penggajian sebesar 63,04% Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Terdapat beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini, salah satunya adalah sebaiknya dilakukan audit mendadak sehingga dapat mencegah kemungkinan adanya kecurangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3528
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 92.46Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 159.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 271.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 309.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 402.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 176.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 226.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record