PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MENURUT KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (Studi kasus pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2012)

Widyatama Repository

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MENURUT KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (Studi kasus pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2012)

Show full item record

Title: PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MENURUT KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (Studi kasus pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2012)
Author: Ambarita, Afnita Dornauli
Abstract: Perusahaan rokok merupakan salah satu industri yang dapat menunjang pembangunan dan perkembangan ekonomi di Indonesia. Walaupun industri rokok adalah industri yang kontroversial karena terbukti bahwa rokok dapat membahayakan kesehatan bahkan keselamatan jiwa masyarakat. Salah satu keputusan yang dihadapi oleh manajer keuangan dalam kaitannya dengan kelangsungan operasional perusahaan adalah keputusan pendanaan, yaitu sebagai keputusan pembelanjaan kegiatan perusahaan yang optimal. Penelitian ini berjudul Pengaruh Debt to Equity Ratio Terhadap Kinerja Perusahaan menurut konsep economic value added (EVA), pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh signifikan antara Debt to Equity Ratio terhadap kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan analisis regresi sederhana menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y= 2,017. – 1,038. X, dimana berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t hitung, tidak terdapat pengaruh signifikan antara DER terhadap EVA kerena - 0,684 > -2,162. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Dimana variabel EVA dipengaruhi oleh variabel DER sebesar 3,5% dan sisanya 96,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3514
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.223Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 677.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 233.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 183.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 380.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 198.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 495.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 241.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record