HUBUNGAN PERSEPSI ATAS BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH ( Survei di Universitas Widyatama )

Widyatama Repository

HUBUNGAN PERSEPSI ATAS BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH ( Survei di Universitas Widyatama )

Show full item record

Title: HUBUNGAN PERSEPSI ATAS BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH ( Survei di Universitas Widyatama )
Author: Ashari, Ginanjar Yunisa
Abstract: Tahun 2008 benar-benar menjadi tahun istimewa hampir seluruh responden (97,8%) pernah mendengar tentang bank syariah. Artinya, upaya sosialisasi selama ini membuahkan hasil yang optimal. Riset itu juga menunjukkan tingkat minat yang tinggi (71%) untuk menjadi nasabah bank syariah. Dan, yang paling menarik adalah dari nasabah yang belum menjadi nasabah bank syariah 62,5% berminat menjadi nasabah bank syariah. Tetapi faktanya, beberapa bank syariah di Indonesia sekarang ini menetapkan nisbah bagi hasil secara ex-rate, artinya dalam praktek bank syariah sebenarnya menerapkan mekanisme yang tidak jauh berbeda dengan bank konvensional yang berdasarkan bunga. Hal ini tentunya menimbulkan persepsi negatif pada mahasiswa mengenai sistem bagi hasil. Pemahaman terhadap bagi hasil pembiayaan mudharabah ini cukup penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai fasilitas dan produk bank syariah sehingga mendorong mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah topik khusus dalam akuntansi di Universitas Widyatama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan dari persepsi atas bagi hasil pembiayaan mudharabah terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan didukung dengan menggunakan studi kepustakaan untuk menguji hipotesis yang ada menggunakan korelasi Rank Spearman dengan n = 95 dan tingkat signifikansi α = 0.05.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3505
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 141.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 809.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record