PENGEMBANGAN APLIKASI PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN METODE COMPACT GENETIC ALGORITHM (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

PENGEMBANGAN APLIKASI PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN METODE COMPACT GENETIC ALGORITHM (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: PENGEMBANGAN APLIKASI PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN METODE COMPACT GENETIC ALGORITHM (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)
Author: Puriyasari, Sri
Abstract: Penjadwalan perkuliahan yang ada pada sebuah universitas harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Penjadwalan penggunaan ruang kuliah dan fasilitas yang terdapat pada ruang kuliah yang sedemikian banyak, apabila dilakukan secara manual maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, aplikasi ini dikembangkan untuk menyusun penjadwalan perkuliahan secara terkomputerisasi dengan metode compact Genetic Algorithm (cGA). Dengan penyusunan secara terkomputerisasi ini, maka proses penyusunan jadwal perkuliahan akan relatif lebih cepat. Aplikasi ini dibuat berdasar pada banyaknya jadwal mata kuliah yang ada dalam semester itu. Aplikasi ini juga menggunakan beberapa kriteria untuk melakukan proses penghitungan, di mana kriteria tersebut sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Pengembangan aplikasi penjadwalan dengan menggunakan metode compact Genetic Algorithm (cGA) dapat diterapkan guna mempercepat proses pengolahan penjadwalan perkuliahan dan dapat menangani masalah bentrok ruang dan waktu antar kelas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3501
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.89Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 176.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 242.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Bab 7.pdf 32.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 87.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record