APLIKASI PENGELOLAAN INVENTORY DAN ANALISIS INVESTASI TAMBANG GOLONGAN C JENIS PASIR DAN BATU (Studi Kasus : PD. Anugrah)

Widyatama Repository

APLIKASI PENGELOLAAN INVENTORY DAN ANALISIS INVESTASI TAMBANG GOLONGAN C JENIS PASIR DAN BATU (Studi Kasus : PD. Anugrah)

Show full item record

Title: APLIKASI PENGELOLAAN INVENTORY DAN ANALISIS INVESTASI TAMBANG GOLONGAN C JENIS PASIR DAN BATU (Studi Kasus : PD. Anugrah)
Author: Indriyani, Kiki
Abstract: Sebagai salah satu perusahaan tambang penyedia bahan galian golongan C jenis pasir dan batu, PD Anugrah perlu mengadakan pengelolaan persediaan karena sering mengalami kekurangan pasir dan penumpukan batu di stockpile, sehingga sulit untuk memprediksi jumlah persediaan optimal, dimana persediaan tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Selain itu, semakin besar jumlah yang disimpan maka semakin tinggi total biaya persediaan. Saat ini, analisis investasi tambang PD Anugrah menggunakan metode Break Even Point, tetapi pengelolaan datanya masih menggunakan buku tambang dan kalkulator. Oleh karena itu, aplikasi ini dikembangkan untuk pengelolaan data dan perhitungan secara terkomputerisasi. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu untuk memprediksi jumlah persediaan optimal di stockpile menggunakan metode Safety Stock dan Reorder Point dengan memanfaatkan informasi dalam buku tambang, meminimalkan total biaya persediaan menurut perhitungan perusahaan dan menurut metode Wagner Within Algorithm, serta membantu dalam analisis investasi tambang menggunakan metode Break Even Point untuk 4 jenis bahan galian (pasir, batu belah, batu skrop, dan sirtu), metode Net Present Value, dan metode Payback Period. Aplikasi ini menyediakan informasi tambang dengan data sesuai keadaan sesungguhnya yaitu 2 tahun masa umur tambang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3490
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 31.54Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 75.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 133.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 301.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 112.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 162.5Kb PDF View/Open
Bab 7.pdf 77.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 123.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record