PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOSERBA “X” KIARACONDONG BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOSERBA “X” KIARACONDONG BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOSERBA “X” KIARACONDONG BANDUNG
Author: Baskara, Tito
Abstract: Sektor industri yang saat ini semakin pesat karena perkembangan teknologi menyebabkan banyaknya perusahaan baru sehinggan menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Perusahaan-perusahaan baru yang menghasilkan produk sejenis yang berusaha semaksilmal mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beanekaragam. Salah satu sektor yang sedang ramai saat ini adalah industri retail, dimana dipacu oleh persaingan yang sangat ketat. Yogya group adalah salah satu badan usaha di bidang retail yang cukup dipehirungkan keberadaanya, terutama di wilayah Jawa Barat. Perusahaan ini terus mengembangkan diri agar tetap eksis dalam bidangnya baik perdagangan ataupusn jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari Toserba Griya adalah bagian dari Yogya group dan salah satu perusahaan ritel yang cukup lama berkembang di Indonesia dan merupakan salah satu supermarket favorit yang terdapat di Kota Bandung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bauran Promosi (Promotion Mix) dimana periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing) promosi penjualan (sales promotion), penjualan pribadi (personal selling), dan hubungan masyarakat (public relation) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toserba griya Kiaracondong. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran ataupun lukisan secara sisitematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden, serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder. Hasil analisis koefisien korelasi Rank Spearman (rs) yang ditujukan untuk mengetahui keeratan hubungan antara bauran promosi Toserba Griya Kiaracondong dengan keputusan pembelian konsumen, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rs sebesar 0.563 yang berada pada interval 0.400 - 0.599. Hasil koefisien determinasi (Kd) sebesar 31.69%, dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian konsumen pada Toserba Griya Kiaracondong dipengaruhi oleh bauran promosi sebesar 31.69%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 68.31% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan berdasarkan analisis uji hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 8.135 > 2.011, dengan demikian bauran promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan hipotesis yang diajukan yaitu bauran promosi (promotion mix) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3438
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 153.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 324.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1000.Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 98.11Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record