PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASAR TRADISIONAL UJUNGBERUNG

Widyatama Repository

PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASAR TRADISIONAL UJUNGBERUNG

Show full item record

Title: PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASAR TRADISIONAL UJUNGBERUNG
Author: Andrea, Febri
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Febri Andrea (02.08.032) merupakan hasil penelitian tentang Pengaruh Bauran Penjualan Eceran terhadap Loyalitas Pelanggan Pasar Tradisional Ujungberung. Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Rini Handayani, S.E., M.Si., selaku dosen pembimbing. Kesadaran masyarakat akan nilai yang diterima mereka dari perusahaan guna memenuhi kebutuhan makin menungkat, termasuk untuk bidang jasa. Hal ini tercermin dari semakin dicarinya perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, keadaan ini menimbulkan persaingan diantara pelaku bisnis termasuk industri retail. Upaya menyampaikan pelayanan kepada para pelanggan bisnis selalu dilakukan oleh perusahaan dengan harapan para pelanggan dapat memperoleh kepuasan, selanjutnya melakukan pembelian ulang dalam jangka panjang menimbulkan loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan laba perusahaan. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu serta menggambarkan pengaruh antar variabel untuk memperoleh data yang akan dipergunakan dan diolah. Penelitian ini dilakukan pada Pasar Tradisional Ujungberung dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pelaksanaan dan pengaruh bauran penjualan eceran terhadap loyalitas pelanggan pada pasar Tradisional Ujungberung Bandung. Tanggapan responden tentang Bauran Penjualan Eceran pada Pasar Ujungberung dapat dikatakan baik, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 3,66 angka ini dikategorikan pada interval 3,40 - 4,19. Tanggapan responden tentang Loyalitas Pelanggan pada Pasar Ujungberung dapat dikatakan baik, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 3,66 angka ini dikategorikan pada interval 3,40 - 4,19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh antara bauran penjualan eceran dengan loyalitas pelanggan pasar tradisional Ujungberung Bandung. Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan Bauran Penjualan Eceran terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pasar Tradisional Ujungberung maka dilakukan uji statistik Rank Spearmen. Untuk mengetahui besarnya korelasi antara variabel X (Bauran Penjualan Eceran) dengan variabel Y (Loyalitas Pelanggan), yaitu dengan Rank Spearman (rs) sebesar 0,629 yang berarti terdapat hubungan yang cukup kuat antara bauran penjualan eceran terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan uji signifikansi didapat thitung > ttabel atau 8,010 > 1,660, maka terbukti bahwa bauran penjualan eceran mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Maka, hipotesis yang diajulan yaitu : “ Pengaruh Bauran Penjualan Eceran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pasar Tradisional Ujungberung ” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3345
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.26Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.67Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 58.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 88.17Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 87.81Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.64Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record