PENGARUH ATRIBUT JASA PERGURUAN TINGGI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi kasus pada mahasiswa prodi manajemen S1 dan D3)

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT JASA PERGURUAN TINGGI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi kasus pada mahasiswa prodi manajemen S1 dan D3)

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT JASA PERGURUAN TINGGI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi kasus pada mahasiswa prodi manajemen S1 dan D3)
Author: Haikal, Farouq Khemal
Abstract: Farouq Khemal Haikal, Pengaruh Atribut Jasa Perguruan Tinggi Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama di bawah bimbingan Sri Wiludjeng SP, S.E., M.P. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Widyatama (UTama) Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh atribut jasa perguruan tinggi terhadap tingkat kepuasan mahasiswa fakultas bisnis dan manajemen Universitas Widyatama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripif dengan pendekatan penelitian studi kasus, yaitu suatu kasus penelitian dilakukan pada suatu objek penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis lakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Pengujian hipotesis secara parsial, nilai thitung untuk masing-masing variabel independen yaitu produk (x1) sebesar 2.288, harga (x2) sebesar 2.076, lokasi (x3) sebesar 2.389, promosi (x4) sebesar 2.036, SDM (x5) sebesar 1.985, bukti fisik (x6) sebesar 2.343, dan pelayanan (x7) sebesar 2.015. Terlihat bahwa nilai t hitung untuk masing-masing variabel independen lebih besar dari t tabel (1.980) dan nilai signifikansi masing-masing variabel yaitu produk (x1) sebesar 0.023, harga (x2) sebesar 0.039, lokasi (x3) sebesar 0.018, promosi (x4) sebesar 0.043, SDM (x5) sebesar 0.048, bukti fisik (x6) sebesar 0.020, dan pelayanan (x7) sebesar 0.045. Dengan demikian dapat kita katakan bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, SDM, dan bukti fisik mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil uji f, diperoleh nilai F hitung sebesar 18.719. Dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 5% (0.05), diperoleh nilai F tabel yaitu 2.041, karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel (18.719 > 2.041) dan nilai signifikansi (0.000) lebih kecil dari α 5% (0.05), maka Ho ditolak. Artinya, bahwa variabel atribut jasa perguruan tinggi dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kepuasan mahasiswa. Atau dapat dikatakan bahwa atribut jasa perguruan tinggi secara bersama-sama mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Maka berdasarkan hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu “Atribut jasa perguruan tinggi berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama”, dapat diterima. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa atribut jasa perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Universitas Widyatama sudah baik, dan dirasakan memuaskan oleh mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3344
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.23Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 36.40Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 69.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 41.85Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 49.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.52Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record