PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PABRIK BERAS TRI JAYA DI KUNINGAN JAWA BARAT

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PABRIK BERAS TRI JAYA DI KUNINGAN JAWA BARAT

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PABRIK BERAS TRI JAYA DI KUNINGAN JAWA BARAT
Author: Bahri, Iip Ahmad Syaiful
Abstract: Beras merupakan makanan pokok khususnya bagi masyarakat Indonesia, bahkan ada istilah bahwa “belum makan jika belum makan nasi”. Atas dasar itulah, usaha yang bergerak dalam bidang makanan pokok khususnya beras dapat tetap menjaga eksistensinya dalam dunia bisnis dikarenakan permintaan akan beras yang tidak pernah ada habisnya. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pabrik Beras Tri Jaya di Kuningan Jawa Barat”. Penelitian mengenai pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen sudah banyak dilakukan, namun penelitian yang membahas mengenai pengaruh dari atribut kualitas produk terhadap loyalitas konsumen masih sangat jarang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang kualitas produk beras yang dihasilkan oleh pabrik beras Tri Jaya, untuk mengetahui loyalitas konsumen terhadap produk beras dari pabrik beras Tri Jaya, dan untuk mengetahui pengaruh atribut kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen tersebut, disebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan konsumen pada pabrik beras Tri Jaya di Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan atribut untuk menganalisis loyalitas konsumen, dan uji beda (paired sample test) untuk menganalisis pengaruh atribut-atribut kualitas produk dari perbedaan tingkat loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beras pandan wangi (PW) memiliki kualitas produk yang paling baik, hal ini berdasarkan tanggapan dari responden mengenai kualitas produk dari ketiga jenis beras yang diteliti (dekor cisadane, IR64, Pandan Wangi/PW), dimana beras Pandan Wangi (PW) mempunyai peringkat atribut yang paling tinggi. Loyalitas konsumen terhadap produk beras Tri Jaya bisa dikatakan baik, dari lima indikator loyalitas konsumen yang diukur terlihat secara keseluruhan responden yang memberikan jawaban “Iya” lebih dominan dibandingkan dengan responden yang memberikan jawaban “Tidak”. Dimana jawaban “Iya” memiliki arti bahwa responden sering membeli produk beras Tri Jaya, responden akan merekomendasikan kepada orang lain, responden menolak menggunakan produk lain yang sejenis, responden mengatakan bahwa harganya terjangkau, dan responden tidak akan tertarik kepada produk lain, sedangkan jawaban “Tidak” memiliki arti yang berlawanan dengan jawaban “Iya”. Ada beberapa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar atribut kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dari ketiga jenis beras yang diteliti (dekor cisadane, IR64, Pandan Wangi/PW). Namun, ada temuan yang menarik bahwa atribut kualitas produk beras IR64 menentukan tingkat frekuensi pembelian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3306
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.81Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.22Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.34Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.61Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 107.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 44.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.41Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 87.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record