PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL GRAND SERELA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL GRAND SERELA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL GRAND SERELA BANDUNG
Author: Pramanda, Yoga
Abstract: Perusahaan yang bergerak dibidang jasa seperti hotel memerlukan faktorfaktor pendukung untuk menarik minat para kosumen agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Kualitas jasa merupakan faktor pendukung utama bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana dengan adanya kualitas jasa yang baik tentu akan membantu perusahaannya didalam memperhatikan atau bahkan meningkatkan jumlah konsumennya. Setiap penginapan atau hotel, berusaha untuk mendapatkan tamu sebanyak-banyaknya dan agar tamu tersebut merasa puas dengan kualitas jasa yang diberikan pihak hotel. Untuk itu pihak hotel harus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memperbaiki kualitas jasa yang meliputi lima aspek penting yaitu : tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan memberikan jasa yang terbaik kepada konsumen dimana nantinya akan memberikan suatu nilai kepuasan bagi pelanggannya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode dengan memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan korelasi antara variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian data primer dan data sekunder, dimana data diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, dan pengamatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain atau literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Penulis mengambil 100 responden yang dijadikan sampel. Dengan menggunakan perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,285. Hal ini menunjukkan kekuatan hubungan dari variabel kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan dapat digolongkan ke dalam tingkat hubungan yang rendah yaitu berada pada interval 0,20–0,39. Dengan demikian kualitas jasa dengan kepuasan pelanggan mempunyai hubungan yang searah. Besarnya pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 8,12% dimana pengujian tingkat signifikasi adalah (t hitung > t tabel ) atau t hitung (3,070) lebih besar dari t tabel (1,66), oleh karena itu hipotesis yang dikemukakan oleh penulis yaitu : “Kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3296
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.79Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 36.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.20Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 40.46Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 148.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 140.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.24Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.95Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 1.970Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record