PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TAKSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT PUTRA TRANSPOR NUSANTARA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TAKSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT PUTRA TRANSPOR NUSANTARA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI TAKSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT PUTRA TRANSPOR NUSANTARA BANDUNG
Author: Darman, Syukria
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Syukria Darman (02.08.M15), Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, dibawah bimbingan Ibu Sri Wiludjeng S.P.,S.E.,M.P. Dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Taksi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT Putra Transpor Nusantara Bandung”. Kepuasan pelangan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya di pasar, apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan. Dengan memperhatikan aspek ini diharapkan perusahaan dapat mendorong konsumen untuk loyal dan mempromosikan jasa perusahaan kepada potensial konsumen, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan. PT Putra Transpor Nusantara merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi taksi di Bandung. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan yang telah diberikan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan yang diberikan dan mengetahui faktor pelayanan yang dianggap penting oleh konsumen, tetapi belum baik dalam pelaksanaanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey yang melibatkan 100 responden pelanggan taksi PT Putra Transpor Nusantara dengan memberikan pertanyaan yang diberikan rating scale (skala Likert). Dari informasi yang diperoleh melalui survey, data diolah oleh penulis dengan memberikan rata-rata dan panjang kelas interval. Berdasarkan hasil jawaban responden, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan jasa pada pengguna jasa taksi Putra adalah kurang baik, dilihat dari rata-rata keseluruhan atas pelayanan adalah 3,39 dengan poin rata-rata tertinggi pada pelayanan Assurance (Jaminan). Sedangkan untuk loyalitas konsumen terhadap taksi Putra secara keseluruhan sebesar 3,42 yang berarti baik. Uji statistik dengan mengunakan kolerasi rank Spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,621 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan searah antara kualitas terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 38,56% yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap loyalitas dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa t hitung = 7,84 lebih besar dari t tabel = 1,553, maka terbukti bahwa kualitas pelayanan jasa memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan perlu melakukan pengecekan rutin terhadap sopir dan karyawan, kebersihan mobil, kelengkapan fasilitas serta pengecekan terhadap argo meter yang sesuai dengan standar perhitungan Dinas Perhubungan Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3294
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 110.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 87.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 120.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 125.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 238.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 199.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 144.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 128.7Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 586.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record