PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING)

Widyatama Repository

PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING)

Show full item record

Title: PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING)
Author: Putra, Angga Andika
Abstract: Brand image merupakan salah satu bentuk keunggulan bersaing yang dapat diciptakan perusahaan, dengan merek yang telah ada maka akan menciptakan image/citra yang positif di benak konsumen, karena brand image sebenarnya merupakan wujud apresiasi masyarakat pada umumnya dan konsumen pada khususnya terhadap produk perusahaan. Karenanya, brand image merupakan salah satu faktor yang menciptakan loyalitas konsumen untuk selalu membeli produk tertentu. Mengingat brand image termasuk sebagai faktor yang penting bagi perusahaan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul mengenai “Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING)”. Penelitian ini mengenai CV TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan brand image. untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang brand image, untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen CV TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING). Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penelitian ini dilakukan pada CV TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING) dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanggapan responden mengenai brand image produk Dloops adalah sebesar 4,17. Artinya rata-rata responden berpendapat bahwa brand image produk Dloops adalah baik. Sedangkan hasil penelitian tentang pernyataan responden terhadap loyalitas konsumen produk Dloops dapat dikatakan tinggi karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan responden adalah sebesar 3,99 yang berada pada interval 3,40-4,19. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image Dloops terhadap loyalitas konsumen, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,622. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah antara kedua variabel. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 38,6% menunjukkan loyalitas konsumen pada Dloops Clothing. dipengaruhi sebesar 38,6% oleh brand image Dloops. Sedangkan sisanya sebesar 61,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar brand image seperti selera, kebutuhan, harga, kualitas dan lain-lain. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (7,86 > 1,663) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Maka terbukti bahwa brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen., maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen CV TRIJAYA UTAMA (DLOOPS CLOTHING) dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3272
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.86Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 33.53Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 172.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 141.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 286.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 132.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.37Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 729.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record