PENGARUH ROE, ROI, DAN NPM TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE PERIODE 2007-2010 DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA)

Widyatama Repository

PENGARUH ROE, ROI, DAN NPM TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE PERIODE 2007-2010 DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA)

Show full item record

Title: PENGARUH ROE, ROI, DAN NPM TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE PERIODE 2007-2010 DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA)
Author: Nova, Haidar Dania
Abstract: Investasi yang dilakukan oleh investor pada saham tidak terlepas dari ketidakpastian, hal ini karena investasi pada saham selain memberikan keuntungan dapat pula memberikan kemungkinan terjadinya kerugian yang dapat terjadi setiap waktu. Ketidakpastian dalam saham mendorong investor untuk lebih berhati-hati dalam berinvestasi. Sebelum investor menanamkan modalnya pada suatu perusahaan, investor tersebut akan menganalisis laporan keuangan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan masalah pengelolaan investasi dan kemampuan perusahaan menghasilkan laba. Hal ini dilakukan guna untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan tersebut. Analisa fundamental adalah analisa yang memusatkan perhatian pada laporan keuangan untuk mengukur kemampuan perusahaan, disini analisis fundamental sebagai salah satu teknik analisis yang digunakan investor dalam mencari informasi dari laporan keuangan perusahaan. Indikator yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dalam penelitian ini adalah rasio Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI) dan Net Profit Margin (NPM) pada sektor properti dan real estate periode 2007-2010 di BEI (Bursa Efek Indonesia). Penelitian terhadap harga saham sektor properti dan real estate dipilih karena saham-saham sektor properti di Bursa Efek Indonesia (BEI) dinilai masih prospektif. Salah satu faktor utama yang bakal mendorong saham properti ke depan adalah adanya prediksi bahwa banyak orang akan tinggal di kota besar pada 2015. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI) dan Net Profit Margin (NPM) pada sektor properti dan real estate di BEI baik secara parsial maupun simultan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deksriptif dan verifikatif. Alat statistik yang digunakan adalah regresi, korelasi, determinasi, dan pengujian hipotesis yang dilakukan melalui program SPSS 17,0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Return On Equity (ROE) dan Return On Investment (ROI) memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham properti dan real estate, sedangkan Net Profit Margin (NPM) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham properti dan real estate. Dan penelitian secara simultan menjelaskan bahwa Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham properti dan real estate.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3267
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 87.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 54.87Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 60.20Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 166.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 171.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 223.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 97.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 75.78Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record