PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENDENGAR RADIO ARDAN BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2012
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Marisha Ramadhina (NRP : 0208070) “Pengaruh Event Marketing Terhadap Loyalitas Pendengar Radio Ardan Bandung”. Di bawah bimbingan Sri Wiludjeng, SP., SE., MP. Pertumbuhan stasiun radio di Indonesia di tandai dengan semakin banyaknya para pelaku usaha dari tahun ke tahun yang mencoba berbisnis dengan membangun stasiun radio. Dampak dari persaingan ini salah satunya dialami oleh Radio Ardan Bandung. Salah satu strategi promosi untuk mempertahankan pendengar tersebut adalah dengan melakukan program Event Marketing, sebuah kegiatan promosional yang mempunyai fokus utama untuk menangkap perhatian dan melibatkan customer dalam event tersebut sehingga diharapkan loyalitas pendengar Radio Ardan Bandung dapat terjaga. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan variabel bebas Event Marketing dan variabel terikatnya adalah Loyalitas Pendengar. Teknik pengolahan data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi/hubungan antar kedua variabel dengan merubah data ordinal tanggapan responden yang sudah diolah menjadi data interval dengan menggunakan Method of Succesive Interval (MSI), lalu mencari regresi untuk mengetahui eratnya hubungan antara variabel Event Marketing dan Loyalitas, dan Koefisien Determinasi untuk mengetahui hubungan antar variabel dalam bentuk persentase. Penelitian ini mengacu kepada penelitian sebelumnya yang diteliti oleh Zaky Gufron. Dari perhitungan melalui MSI menunjukkan bahwa pengaruh event marketing terhadap loyalitas pendengar Radio Ardan Bandung cukup kuat. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, hal ini membuktikan bahwa event marketing memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pendengar Radio Ardan Bandung.
Description
Keywords
Event Marketing, Loyalitas, Metode Penelitian Deskriptif, Loyalty, Descriptive Research Method
Citation