PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS ( Studi Pada Kelompok Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS ( Studi Pada Kelompok Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS ( Studi Pada Kelompok Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)
Author: Novianty, Ira
Abstract: Penelitian ini bertujuan untilk memberikan bukti empirik tentang pengaruh asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba dan implikasinya terhadap biaya modal ekuitas. Penelitian ini termasuk penelitian akuntansi yang berbasis pasar modal karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi akuntansi terhadap partisipan pasar modal (investor). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan populasi perusahaan publik sektor manufaktur yang terdafiar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih berdasarkan random sebanyak 42 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan polled data yang mencakup data transaksi saham dan laporan keuangan tahun 2004-2006. Asimetri informasi diukur dengan menggunakan proksi quates, volume penjualan, dan volatilitas return, serta ukuran perusahaan dan market to book value ofrclrrr!~ sebagai variabel kontrol. Manajemen laba diukur dengan menggunakan rasio akrual modal kerja terhadap penjualan, dan biaya modal ekuitas diukur dengan menggunakan Capital Asset Prrcing Model (CAPICI). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian memberikan bukti empirik bahwa: ( 1 ) asimetri informasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap praktik rnanajemen laba. Ketika asimetri informasi tinggi dan stakeholder tidak merniliki suatu informasi untuk rnemonitor dan mengetahui aktivitas manajer, ha1 tersebut akan mendorong meningkatnya praktik manajemen laba: (2) lnanajemen laba mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap biaya modal ekuitas. Hal ini mencerminkan bahwa semakin tinggi rasio akrual modal kerja terhadap penjualan (sebagai proksi rnanajemen laba) maka kepercayaan investor menurun sehingga berdampak pada naiknya biaya modal ekuitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3252
Date: 2009-07


Files in this item

Files Size Format View
COVER.pdf 1.634Mb PDF View/Open
PENANGGUNG JAWAB.pdf 226.9Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 362.2Kb PDF View/Open
CONTENT.pdf 17.94Mb PDF View/Open
COVER BELAKANG.pdf 2.036Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record