PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI SEBAGAI ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN ENERGI E JUSS

Widyatama Repository

PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI SEBAGAI ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN ENERGI E JUSS

Show full item record

Title: PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI SEBAGAI ENDOSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN ENERGI E JUSS
Author: Krisna, Suci
Abstract: Selebriti Endorser dapat menjadi salah satu pertimbangan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Maka dari itu harus diketahui dengan benar apakah endorser tersebut merupakan pilihan yang tepat dan memenuhi kriteria Attractiveness, Credibility, Expertise dan Image karena hal tersebut nantinya akan menentukan kesuksesan endorser tersebut dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Terpilihnya Sule sebagai selebriti endorser dari produk E juss tentunya sudah melalui pertimbangan yaitu Sule merupakan pelawak yang sedang terkenal di Indonesia, acara televisi yang dibawakan oleh Sule ratingnya tinggi dan Sule dinilai sebagai actor yang mampu menjaga image. Kondisi inilah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan selebriti sebagai endorser pada produk minuman energy Ejuss apakah mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Selebriti Sebagai Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Energi E- juss(PT Bintang Toedjoe)’’. Dalam penelitian ini,penulis telah menyebarkan 100 kuesioner kepada driver. Hasil penelitian yang telah dilakukan, tanggapan konsumen mengenai celebrity endorser pelawak Sule pada produk minuman energy E juss telah memberikan respon positif dan dinilai sangat baik, karena nilai rata-rata keseluruhannya 4,37 berada pada interval 4,20 - 5,00. Tanggapan Keputusan Pembelian Minuman Energi E juss dapat dikatakan Baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 4,05 berada pada interval 3,40 – 4,19. Besarnya pengaruh penggunaan celebrity endorser pelawak Sule terhadap keputusan pembelian pada produk minuman energy E juss berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs 0,361. Karena nilai rs berada diantara 0,20-0,50. Sehingga dapat dikatakan bahwa celebrity endorser pelawak Sule memiliki hubungan yang rendah. Sedangkan berdasarkan perhitungan koefesien determinasi, bahwa celebrity endorser pelawak Sule berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 13%, sementara sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diukur seperti harga, kualitas produk, distribusi, image produk dan sebagainya. Dari perhitungan statistic uji t , nilai t hitung 3.837 lebih besar dari t tabel 1.663, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh positif antara celebrity sebagai endorser pelawak Sule dengan keputusan pembelian. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu Celebrity Endorser pelawak Sule berpengaruh terhadap keputusan pembelian Minuman Energi E juss dan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3215
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.67Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 64.52Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.52Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 223.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record