PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HANDPHONE BLACKBERRY DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HANDPHONE BLACKBERRY DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HANDPHONE BLACKBERRY DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA
Author: Rika, Fauzia
Abstract: Atribut produk salah satu pertimbangan yang berpengaruh oleh konsumen dalam pemilihan produk. Berdasarkan pertimbangan tersebutlah konsumen memiliki sifat pemilih, karena hal itu perusahaan harus mampu untuk membaca perilaku konsumen sehingga mampu mendapatkan konsumen yang loyal. Agar perusahaan mampu bersaing dalam berbisnis, konsumen yang loyal tersebut lah yang memperkuat posisi perusahaan. Kondisi ini yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang atribut produk yang ditawarkan Handphone Blackberry apakah mempunyai pengaruh kepada konsumennya, yang berjudul “Pengaruh Atribut Produk Handphone Blackberry terhadap loyalitas Konsumen Pada Komunitas Mahasiswa Universitas Widyatama”. Penelitian ini, mengolah 100 kuesioner dari mahasiswa Universitas Widyatama secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu metode penelitian yang menggambarkan kondisi aktual yang telah diketahui melalui pengumpulan data yang kemudian di analisis sehingga pada akhirnya dihasilkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap atribut produk Handphone Blackberry diperoleh nilai rata-rata 4.41 yang menyatakan sangat baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap loyalitas terhadap produk Handphone Blackberry cukup tinggi, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 4.07. Pengaruh atribut produk Handphone Blackberry terhadap loyalitas dapat dikatakan cukup lemah atau rendah, itu ditunjukkan dengan nilai Rs nya 0.419, artinya semakin tinggi atribut produk Handphone Blackberry, konsumen menjadi sedikit loyal. Pengaruh atribut produk sebesar 17.56 % terhadap loyalitas konsumen, sedangkan sisanya 82.44 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di ukur, seperti brand image, kualitas pelayanan, harga dan lain-lain. Dari perhitungan statistik dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, dengan nilai 1.663 < 4.604, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif antara atribut produk Handphone Blackberry dengan loyalitas konsumen. Dengan demikian hipotesis yang dijelaskan pada Bab I yaitu “ “Terdapat hubungan antara atribut produk Handphone Blackberry dengan loyalitas konsumen” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3207
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.15Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.11Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.79Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.26Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.87Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 239.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record