HUBUNGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN MENURUT PRESEPSI MAHASISWA (Studi pada Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

HUBUNGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN MENURUT PRESEPSI MAHASISWA (Studi pada Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: HUBUNGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN MENURUT PRESEPSI MAHASISWA (Studi pada Universitas Widyatama)
Author: Ardi, Bayu
Abstract: Tujuan dari penelitian Skripsi ini adalah untuk secara independen mengukur presepsi mahasiswa terhadap pengaruh keberadaan sistem informasi akademik pada kualitas informasi dan bagaimana bagaimana pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan dari sistem tersebut pada mereka, dimana mahasiswa dalam hal ini dianggap sebagai pengguna sistem, dan dianggap mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem informasi dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan pada Universitas Widyatama, yang juga merupakan tempat penulis menempuh pendidikan. Dalam penelitian ini, kuesioner mengenai sistem informasi akademik dibuat berdasarkan pada teori untuk dapat menarik presepsi dari mahasiswa pada subjek penelitian. Aspek utama yang diukur adalah kualitas sistem informasi, yaitu dengan melihat keberadaan sistem dan peranannya, dan juga hubungannya dengan kualitas informasi yang diterima oleh mahasiswa , serta kualitas pelayanan dalam konteks sistem informasi. Variabel-variabel ini dianalisa dengan menggunakan konsep faktor analisis. Berdasarkan pada faktor analisis, model hubungan struktural linear, data dianalisa menggunakan program LISREL-SIMPLIS. Hasil studi deskriptif menunjukan kecenderungan dalam menggunakan informasi pada mahasiswa cukup besar, sedangkan pada pemakaian teknologi informasi termasuk normal. Dari hasil penelitian menggunakan pemodelan LISREL menunjukan bahwa kualitas informasi berhubungan dengan sistem informasi akademik dan dengan kualitas pelayanan sistem yang diterima oleh mahasiswa sebagai objek penelitian. Sedangkan sistem informasi akademik tidak menunjukan hubungan pada kualitas pelayanan yang dirasakan oleh mahasiswa. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas informasi memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi yang diterima oleh mahasiswa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3206
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 104.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 83.97Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 124.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 262.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 151.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 215.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 129.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 110.8Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 3.223Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record