ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY AND TRADING COMPANY, Tbk. ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY AND TRADING COMPANY, Tbk. ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY AND TRADING COMPANY, Tbk. ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk)
Author: Yuandi, Andi
Abstract: Berawal dari sebuah perusahaan susu tahun 1950-an, PT. Ultarjaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. telah berkembang dengan sangat pesat sehingga mampu meraih posisi saat ini sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia untuk produk-produk susu dan jus buah. Pertumbuhan pesat tersebut diraih oleh adanya sebuah filosofi sederhana. “Sebuah tekad untuk memproduksi produk dalam kemasan berkualitas tinggi memenuhi kebutuhan konsumen, Indonesia yang terus meningkat”. Kesuksesan filosofi ini ditentukan oleh kemampuan perusahaan yang sudah terbukti dalam mencapai empat. Pertama memastikan bahwa hanya bahan baku terbaik yang digunakan untuk proses produksi. Kedua, memproduksi jenis produk sebanyak mungkin untuk konsumen perusahaan. Ketiga, perusahaan memiliki teknologi tepat yang membantu dalam pengembangan dan produksi beragam produk berkualitas. Dan akhirnya mengirim produksi produk ini ke seluruh konsumen Indonesia dimanapun mereka berada. Berdasarkan data yang diterima penulis, kecelakaan kerja di dalam lingkungan perusahaan pada tahun 2004 cukup tinggi. Yang dimana kecelakaan kerja mempunyai pengaruh terhadap beberapa aspek diantaranya, dapat menggangu proses produksi, menurunnya produktivitas, dan lain-lain. Dalam menekan tingkat kecelakaan kerja yang cukup tinggi ini, perusahaan telah melakukan beberapa usaha diantaranya adalah perusahaan membentuk organisasi K3 tahun 2005, mewajibkan karyawan memiliki dan mempelajari kebijakan dan aturan yang diberikan perushaan dalam bentuk buku Good Manufacturing Practices (GMP), mewajibkan keryawannya untuk mengikuti pelatihan GMP. Pembentukan organisasi K3 ini membawa pengaruh yang baik kepada perusahaan, salah satunya tingkat kecelakaan kerja yang menurun setiap tahunnya. Diketahui pada Departemen Project dan Departemen UHT II sering terjadi kecelakaan. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh kelalaian faktor manusia diantaranya tidak memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang disediakan oleh perusahaan, selain itu beberapa karyawan perusahaan tidak memiliki kesadaran memakai APD yang telah disediakan perusahaan dan tidak memiliki bekerja dalam keadaan selamat. Berdasarkan hasil penelitian penulis, bahwa PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan perusahaan dengan cara menetapkan beberapa peraturan kebijakan dan prosedur kerja yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi potensi bahaya kecelakaan yang timbul dalam proses kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3204
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 192.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.72Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 51.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 60.41Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 66.25Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 98.55Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 258.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 55.13Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.61Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record