PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA THE ORIGINAL FANSHOP MOBILE STORE

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA THE ORIGINAL FANSHOP MOBILE STORE

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA THE ORIGINAL FANSHOP MOBILE STORE
Author: Rosyid, Fahri Abdul; Sukandi, Pipin
Abstract: Store atmosphere adalah merupakan kombinasi dari pesan secara fisik yang telah direncanakan. Setiap toko mempunyai penampilan yang berbeda-beda baik itu kotor, menarik, megah dan suram. Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan pembelian yang menyenangkan saja. tetapi juga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dijual. Selain itu, atmosfir toko juga akan menentukan citra toko itu sendiri. Citra toko yang baik dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan untuk bertahan terhadap persaingan dalam membentuk pelanggan yang loyal. Menarik konsumen melakukan pembelian tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, door prize. atau kegiatan promosi lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan atmosfir yang menyenangkan bagi kosumen pada saat di dalam toko. karena konsumen yang merasa senang diharapkan akan melakukan pembelian. Untuk dapat menciptakan atmosphere yang menyenangkan, maka perlu diciptakan atmosfir toko yang baik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan store atmosphere yang dilakukan oleh The Original Fanshop Mobile Store, untuk mempelajari bagaimana tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan store atmosphere pada The Original Fanshop Mobile Store dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada konsumen The Original Fanshop Mobile Store. Pelaksanaan suasana toko (store atmosphere) pada The Original Fanshop Mobile Store dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata keseluruhannya sebesar 3,94 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Keputusan pembelian konsumen di The Original Fanshop Mobile Store dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan sebesar 4,00 yang berada pada interval 3,40-4,19. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,664. Karena nilai rs berada diantara 0,600-0,799 maka hubungan antara store atmosphere dengan keputusan pembelian dapat dikatakan kuat. Besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian The Original Fanshop Mobile Store sebesar 44,10% dan sisanya 55.90% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya, promosi dan lain-lain. Dari perhitungan uji hipotesis, dapat dilihat bahwa t hitung = 10,65 lebih besar dari ttabel = 1,657 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka Terdapat Pengaruh Store atmosphere dengan Keputusan pembelian konsumen pada The Original Fanshop Mobile Store.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3180
Date: 2012-09-18


Files in this item

Files Size Format View
EDITORIAL.pdf 127.0Kb PDF View/Open
TIM PENYUNTING.pdf 106.1Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 143.5Kb PDF View/Open
CONTENT FAHRI + PIPIN.pdf 367.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record