SELF ACCESS CENTRE (SAC) DAN PERANNYA DALAM MEMFASILITASI SELF ACCESS LANGUAGE LEARNING (SALL)

Widyatama Repository

SELF ACCESS CENTRE (SAC) DAN PERANNYA DALAM MEMFASILITASI SELF ACCESS LANGUAGE LEARNING (SALL)

Show full item record

Title: SELF ACCESS CENTRE (SAC) DAN PERANNYA DALAM MEMFASILITASI SELF ACCESS LANGUAGE LEARNING (SALL)
Author: Sujatna, Meita Lukitawati
Abstract: Pembelajar sekarang ini dituntut lebih mandiri duntuk menghadapi tantangan dunia kerja, termasuk berinteraksi dalam bahasa asing. Belajar secara konvensional dengan cara duduk diam di dalam kelas, mendengarkan lalu mencatat apa yang disampaikan oleh pengajar tidaklah memadai bila menginginkan hasil yang maksimal. Mengikuti kursus bahasa kemudian menjadi salah satu alternatif. Namun keterbatasan waktu dan materi sering menjadi beban dalam upaya pemantapan penggunaan bahasa asing baik di dalam maupun di luar kelas dan kerap menjadi penghambat kemandirian mahasiswa dalam berkomunikasi dalam bahasa tersebut. Upaya seperti penyediaan fasilitas Self Access Center (SAC) untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas language exposure serta experience mahasiswa merupakan langkah awal yang cukup penting untuk mendukung pembelajaran di kelas. Peran Teknologi dalam SAC adalah meningkatkan efektivitas dan efesiensi penggunaan fasilitas tersebut, yaitu dengan menciptakan metode belajar yang mandiri dan studentcentered, sinkronis maupun asinkronis. Makalah ini berjudul Self Access Centre dan Perannya dalam Memfasilitasi Self Access Language Learning (SALL), suatu metode alternatif pembelajaran bahasa yang patut diimplementasikan untuk mempersiapkan pembelajar dan calon lulusan lebih siap terjun ke dunia kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3138
Date: 2010-02-25


Files in this item

Files Size Format View
MEITA.pdf 226.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record