TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) CABANG PURBALEUNYI

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) CABANG PURBALEUNYI

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) CABANG PURBALEUNYI
Author: Nurazana, Dwi
Abstract: Tuntutan persaingan dalam pengelolaan kegiatan usaha dari lingkungan organisasi bisnis, baik swasta maupun pemerintahan pada kini dan masa yang akan dating dipastikan akan semakin ketat. Segenap sumber daya perusahaan perlu dikelola berdasarkan pinsip-prinsip yang menjamin dicapainya daya guna dan hasil gunayang optimal serta maksimal. Banyak kasus yang menunjukan bahwa dominasi pangsa pasar, kecanggihan alat produksi dan kuatnya keuangan perusahaan bukanlah jaminan keberhasilan usaha. Maka aspek sumber daya manusia menjadi jawaban penting guna menjamin keberhasilan usaha. Penilaian kinerja karyawan merupakan prosedur yang formal dilakukan dalam organisasi untuk mengevaluasi pegawai dan sumbangan serta kepentingan pegawai. Penilaian kinerja sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam melaksanakan pekerjaan, karena denga dilakukannya penilaian kinerja karyawan maka perusahaan akan mengetahui kekurangan yang ada, khususnya tenaga kerja yang melaksanakan kegiatan. Tujuan PT. Jasa Marga (Persero) dalam melaksanakan Penilaian Kinerja karyawan adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian kinerja karyawan pada PT. Jasa Marga (Persero) 2. Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian kinerja karyawan PT. Jasa Marga (Persero) 3. Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan yang dilakukan PT. Jasa Marga (Persero) dalam pelaksanaan penilaian kinerja karyawan tersebut. 4. Sebagai dasar untuk mengevaluasi kinerja dan produktivitas organisasi dan unit kerja pada umumnya serta individu-individu pegawai dalam setiap jabatan mereka khususnya 5. Sebagai dasar untuk mengidentifikasikan kelebihan atau kekurangan pegawai sehingga dapat menjadi salah satu bahan dalam pertimbangan dalam melibatkan pegawai dalam program-program pengembangan karyawan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja karyawan pada PT. Jasa Marga (Persero) dilaksanakan setiap 3 bulan. Yang melakukan penilaian adalah atasan langsung karyawan yang dinilai, serendah rendahnya setingkat kepala gerbang tol.dengan metode Rating scale dan kriteria-kriteria yang dinilai adalah absensi, kedisiplinan, kepemimpinan, pencapaian tugas, mutu pekerjaan, keterampilan kerja, prakarsa dan kepatuhan kerja. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penilaian kinerja karyawan yaitu Hallo effect , tidak cukupnya fakta, dan penilai cenderung memberikan nilai yang subjektif. Hal-hal seperti ini dapat diatasi dengan diberikannya bukti pada saat penilaian berlangsung sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menilai kinerja karyawan dan penilaian harus dilakukan dengan cara yang objektif dan relevan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2999
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Abstrak.pdf 27.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.21Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 47.09Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.57Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 50.10Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record