TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT BOOGIE ADVINDO BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT BOOGIE ADVINDO BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT BOOGIE ADVINDO BANDUNG
Author: Prahono, Bonny
Abstract: Pada perekonomian saat ini, kebanyakan produsen tidak menjual barangbarangnya secara langsung kepada konsumen melainkan dengan menggunakan jasa perantara pemasaran yang melakukan berbagai fungsi untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh produsen. Saluran distribusi merupakan salah satu kegiatan yang cukup penting dalam menyalurkan produk ke tangan konsumen. Kesalahan dalam menentukan saluran distribusi akan menghambat dan mempunyai pengaruh yang tidak baik terhadap usaha penyebaran produk. Penyaluran saluran distribusi yang tepat tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaaan. Karena saluran distribusi merupakan penghubung antara produsen dengan konsumen. Hal tersebut menentukan pula tingkat keuntungan yang akan dicapai oleh perusahaan. Saluran distribusi merupkan salah satu unsur dari bauran pemasaaran yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Dalam hal ini, saluran distribusi mengambil tempat diantara produksi dan konsumsi. Ketentuan perusahaan dalam memilih saluran distribusi akan menjadikan operasi perusahaan menjadi efesien dalm memperkuat pasar untuk mencapai konsumen yang dituju. Begitu pula halnya dengan PT Boogie Advindo Bandung yang bergerak dalam bidang penjualan peralatan olahraga alam bebas. Dalam memilih saluran distribusi PT Boogie Advindo Bandung harus mempertimbangkan faktor-faktor, yaitu : pertimbangan pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perantara dan pertimbangan perusahaan. Setelah mempertimbangkan faktor tersebut, maka PT Boogie Advindo Bandung memilih saluran distribusi dengan beberapa saluran distribusi yaitu : saluran distribusi langsung ( saluran tingkat nol ), saluran satu tingkat, saluran dua tingkat dan saluran tiga tingkat. Dengan saluran distribusi ini diharapkan perusahaan dapat mencapai volume penjualan yang diharapkan dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan yang sejenis. Adapun masalah-masalah yang dihadapi perusahaan adalah mengenai adanya keterlambatan penyampaian produk dari penyalur ke konsumen, perusahaan hanya memiliki satu kantor cabang yang dihandalkan, dan ketidaktentuan waktu pengiriman produk dari bagian pemasaran kepada perantara- perantara yang ada diluar kota Bandung. Setelah melihat hal tersebut di atas maka sangatlah penting bagi suatu perusahaaan untuk memilih saluran distribusi yang tepat agar produk yang dipasarkan tersebut dapat mencapai pasar konsumen dengan cepat dan seefisien mungkin serta melaksanakan saluran distribusi tersebut dengan sebaik mungkin.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2994
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 5.937Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.83Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 32.08Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.11Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 66.95Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.15Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record