MODEL AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROSES PENYAMPAIAN DAN DUKUNGAN PELAYANAN INFORMASI (Studi Kasus : Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

MODEL AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROSES PENYAMPAIAN DAN DUKUNGAN PELAYANAN INFORMASI (Studi Kasus : Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: MODEL AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK PROSES PENYAMPAIAN DAN DUKUNGAN PELAYANAN INFORMASI (Studi Kasus : Universitas Widyatama)
Author: Maniah; Lestari, Sri
Abstract: Penelitian ini lebih difokuskan untuk melihat proses Tl yang teljadi di dalam sehuah sistem informasi akademik. Proses di dalam sistem informasi akademik tersebut kemudian dipetakan kedalam proses Tl yang secQI'a eksplisit dinyatakan dalam COB IT (Control Objectives for Information and relaled Technology). COB IT Versi 4.0 merupakan salah salu standar audit SI yang memadukan pandangan bisnis dan TJ dalam kerangka keljanya. Sebagai model untuk organisasi siSlem informasi, maka COBIT memuat kendali yang sifatnya generik. Kerangka kerja COBIT secara keseluruhan memiliki empat domain yaitu Planning & Organizalion (PO), Acquisilion & Imp! tmentai;"Jn (AI), Delivery & Support (DS) dan Moniloring (M). Dari 4 domain lersebul lerdapat 34 proses. Domain Delil ery & Support (DS) digunakan unluk menilai proses penyampaian dan dukungan pelayanan informasi di bagian Akademik. Penifaian tersebul dilakukan melalui kendali dan indikalor kinerja yang merupakan hasil ekstraksi dari metodologi Service-level Management (ITSM) dan COBIT Dengan Implemenlasi COBIT dibagian akademik Universitas Widyalama akon memllngkinkan lInluk (I) Per.yelarasan yang lebih baik lerhadap fokus bisnis d: inslilusilperusahaan, (2) Memahami teknologi informasi secara lebin baik bagi pihak manajemen, (3) Tanggung jawab dan kepemilikan yangjelas, (4) Pemahaman secara umum lerhadap peran pihak keliga dan regulalor, (5) Pemahaman untuk para stakeholder dengan menggunakan isti!ah dan bahasa yang lImum. Sistem Informasi Akademik Universitas Widyatama sebagai contoh di dalam pemeriksaan lingkat kematangan sebuah sislem akademik, saal ini sudah berada pada lingkat 3 dari tingkat kematangan (Terdejinisi) , yang berarli bahwa secQl'a gar is besar proses sislem informasi akademik sudah ada, sudah dikomunibsi.'wn, sebagian hasif proses sudah didokumenlasikan. NamulI7 implementasinya l77asih diserahkan pada sebagian indil'idu dan dokllmenlosi baru untuk hasif proses belum ada dokumenlasi sis!em secQl'a keseluruhal7. Dari hasil penelifian Audit Sistem Inforl11osi di bagian Akademik Universilas WiJyatama, ada beberapa rekomendasi yang diajukon unluk selanju/ITya dijadikan sebagai pertimbangan pihak manojemen Universitas dalam pengambifan keputusan lerulama lerhadap lIpaya peningkalCIn kinerja Tl.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2982
Date: 2008-05-21


Files in this item

Files Size Format View
COVER DEPAN.pdf 540.2Kb PDF View/Open
COVER DALAM.pdf 734.5Kb PDF View/Open
SAMBUTAN KETUA UMUM.pdf 473.9Kb PDF View/Open
SAMBUTAN KETUA PELAKSANA.pdf 427.7Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 3.760Mb PDF View/Open
CONTENT MANIAH + SRI LESTARI.pdf 3.233Mb PDF View/Open
COVER BELAKANG.pdf 228.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record