PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK (Survey pada Manajer Perusahaan Manufaktur Peserta PROPER 2012 di Kota dan Kabupaten Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK (Survey pada Manajer Perusahaan Manufaktur Peserta PROPER 2012 di Kota dan Kabupaten Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP INOVASI PRODUK (Survey pada Manajer Perusahaan Manufaktur Peserta PROPER 2012 di Kota dan Kabupaten Bandung)
Author: Tirtakusumah, Eki
Abstract: ABSTRAK “Pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk” (survey pada manajer perusahaan manufaktur peserta PROPER 2012 di kota dan kabupaten Bandung) Peningkatan kesadaran terkait isu lingkungan telah mendorong perusahaan untuk menggunakan akuntansi manajemen lingkungan, yang telah memberikan banyak manfaat, termasuk diantaranya peningkatan inovasi. Dengan meningkatkan inovasi maka perusahaan dapat menciptakan inovasi produk maupun proses yang sesuai dengan konsep eco-efficiency dan sustainability development sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pertumbuhan operasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap inovasi produk. Penelitian menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan manajemen dan manajemen lingkungan yang termasuk kedalam perusahaan manufaktur peserta PROPER 2012 di kota dan kabupaten Bandung. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana, dengan tingkat signifikansi 5% Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi produk. Berdasarkan analisis koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan memberikan pengaruh terhadap inovasi produk sebesar 0,3%. Sedangkan sisanya 90,7% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan yaitu t hitung > t tabel (-0,355>-2,024) maka H0 diterima. Kata Kunci : Akuntansi Manajemen, Manajemen Lingkungan, Inovasi Produk
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2960
Date: 2014-03


Files in this item

Files Size Format View Description
1. cover fix.pdf 105.4Kb PDF View/Open cover
2. Surat Pernyataan fix.pdf 157.6Kb PDF View/Open surat pernyataan
3. abstrak fix.pdf 186.5Kb PDF View/Open abstrak
BAB I.pdf 691.8Kb PDF View/Open BAB I
BAB II.pdf 302.2Kb PDF View/Open BAB II
BAB V.pdf 166.5Kb PDF View/Open BAB V
DAFTAR PUSTAKA.pdf 241.1Kb PDF View/Open daftar pustaka
lembar Pengesahan.pdf 341.7Kb PDF View/Open lembar pengesahan

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record