PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PROFESIONALISME SATUAN PENGAWASAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)
Author: Triagustia, Shinta Carlina
Abstract: Pengendalian internal atas penggajian merupakan suatu struktur dan prosedur mengenai pengumpulan data, perhitungan, pencatatan, pembuatan daftar pembayaran dan pengawasan atas penggajian tersebut. Pengendalian disini dimaksudkan untuk menghindari penyimpangan atau kekeliruan baik itu disengaja atau tidak disengaja.Agar dapat berjalan dengan baik diperlukannya Satuan Pengawasan Intern yang bertugas membantu direktur utama dalam melaksanakan pemeriksaan intern keuangan dan pemeriksaan operasional serta penilaian pengendalian pengelolaan, pelaksanaannya dan memberikan saran-saran perbaikan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Bandung ,dengan masalah yang diteliti (1) apakah profesionalisme satuan pengawasan intern sudah memadai, (2) apakah Pengendalian Internal atas Penggajian pada perusahaan sudah efektif.(3) apakah profesionalisme satuan pengawaan intern berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari kuesioner bahwa Profesionalisme Satuan Pengawasan Intern memadai dapat dilihat dari hasil responden dengan nilai rata-rata 3,74 yang berada pada interval 3,40-4,19 yang termasuk kategori memadai. Efektivitas pengendalian internal atas penggajian memadai, dapat dilihat dari hasil responden dengan nilai rata-rata 3,82 yang termasuk kategori memadai. Melalui perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh rs 0,67 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara Satuan Pengawasan Intern dengan efektivitas pengendalian internal atas penggajian dan keduanya mempunyai hubungan yang searah. Dan setelah dilakukan pengujian hipotesis ternyata nilai t hitung (2,552) > t tabel (1,860), sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti hipotesis diterima, Profesionalisme Satuan Pengawasan Intern berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2938
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 137.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 168.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record