PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Unit Auditor Internal P.T. Industri Telekomunikasi Indonesia )

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Unit Auditor Internal P.T. Industri Telekomunikasi Indonesia )

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Unit Auditor Internal P.T. Industri Telekomunikasi Indonesia )
Author: Pertamawati, Mely Sri
Abstract: Sebagaimana kita ketahui bahwa perekonomian dan perkembangan dunia usaha semakin lama semakin maju. Dalam perkembangan dunia usaha yang maju inilah setiap perusahaan harus berhati-hati dalam membuat dan mengambil suatu keputusan. Keputusan-keputusan tersebut sebaiknya tidak keluar dari tujuan perusahaan yang telah disepakati. Salah satu tujuan perusahaan adalah tujuan komersial yaitu tujuan untuk memperoleh laba. Untuk mengambil suatu keputusan yang penting dan penetapan suatu kebijakan yang tepat harus didukung dengan informasi yang cepat, tepat dan akurat, dengan kata lain pengambilan keputusan dan penetapan kebijakan diperlukan suatu informasi yang berhubungan dengan keputusan maupun kebijakan yang akan diambil. Salah satu cara untuk mengambil keputusan maupun penetapan kebijakan perusahaan, perusahaan dapat membuat atau menyusun suatu laporan keuangan. Dalam hal ini perusahaan akan menyusun suatu laporan keuangan yang dapat menggambarkan seluruh hasil kegiatan perusahaan pada akhir periode pembukuan. Kinerja auditor internal ini akan terpengaruh terhadap kinerja perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Maka diperlukan suatu alat yang disebut analisis laporan keuangan yang terdiri dari : likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, aktivitas dan leverage. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini membahas mengenai pengaruh profesionalisme auditor internal terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan manusia dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada perusahaan Industri Telekomunikasi Indonesia atau PT.Inti Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa auditor internal pada PT. Inti Bandung memiliki sikap profesionalisme yang tinggi. Dari Hasil perhitungan statistik diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,950 yang berarti adanya hubungan yang kuat antara profesionalisme auditor internal dan kualitas laporan keuangan. Sedangkan profesionalisme auditor internal dipengaruhi oleh kualitas laporan keuangan sebesar 90% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung sebesar 8,627 lebih besar dari t tabel sebesar 2,306, maka hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2936
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.78Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.44Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 95.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 174.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 83.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record