PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN PERILAKU INVESTOR (PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA)

Widyatama Repository

PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN PERILAKU INVESTOR (PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA)

Show full item record

Title: PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN PERILAKU INVESTOR (PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA)
Author: Firmansyah S, R. Muhamad Reza
Abstract: Perkembangan yang pesat pada pasar modal saat ini sangat menarik perhatian para pemilik modal atau investor untuk berinvestasi di pasar modal. Para pelaku pasar modal dapat membeli dan menjual saham atau lainnya di Bursa Efek. Berfluktuasinya harga saham merupakan masalah yang dihadapi oleh investor saat ini, oleh karena itu investor harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Setiap pengambilan keputusan investor sebaiknya didasarkan pada laporan keuangan yang baik. Analisis laporan keuangan yang dianggap dapat digunakan untuk memprediksi perilaku investor (dalam hal ini volume perdagangan saham) adalah Earning Per Share (EPS), Price Earning Rasio (PER) dan perubahan harga saham, karena semakin besar tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan akan mempengaruhi terhadap kenaikan harga saham. Hubungan selanjutnya berarti pendapatan yang menjadi hak pemegang saham pun akan meningkat pula. Oleh karena itu, investor umumnya akan membeli saham-saham dari perusahaan yang memiliki kinerja yang baik. Hasil analisis terhadap faktor-faktor tersebut diatas diharapkan berpengaruh terhadap perilaku investor di pasar modal seiring dengan pergerakan volume perdagangan saham yang dipengaruhi oleh permintaan dari investor. Dari penelitian ini penulis mengidentifikasikan masalah yaitu bagaimana pengaruh informasi laporan keuangan terhadap perubahan harga saham dan perilaku investor pada perusahaan industri makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Objek penelitian ini adalah pengaruh informasi laporan keuangan terhadap perubahan harga saham dan perilaku investor pada perusahaan industri makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta. Skripsi ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh perubahan variabel-variabel EPS, PER dan perubahan harga saham secara parsial maupun simultan terhadap perilaku investor pada perusahaan industri makanan dan minuman yan go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Penulis menggunakan perhitungan statistik regresi dan korelasi multiple untuk mengolah data yang akan dteliti. Kesimpulan diambil berdasarkan uji statistik yang dilakukan (uji F dan uji t) dan landasan teori yang mendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiasif dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui situs www.jsx.co.id Berdasarkan uji statistik yang dilakukan, diperoleh hasil EPS, PER dan perubahan harga saham dengan uji t yang masing-masing sebesar 0,052%; 0,09%; 0,14%. Dan hasil yang didapat dari pengujian uji F terhadap EPS, PER dan perubahan harga saham sebesar 3,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa EPS, PER dan perubahan harga saham secara parsial dan simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku investor. Oleh karena itu, penulis mengambil kesimpulan bahwa EPS, PER dan perubahan harga saham tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial terhadap perilaku investor.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2928
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 31.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 61.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.88Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 40.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 93.71Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 127.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 312.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 55.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.06Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record