PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN (Studi survei pada 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN (Studi survei pada 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN (Studi survei pada 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Eliana, Neneng
Abstract: Dalam sebuah perusahaan, profit merupakan tujuan yang harus dicapai perusahaan, sebab profit merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya. Dalam menjalani usahanya mencapai rentabilitas ekonomi yang baik, tentu saja memerlukan dana untuk melakukan kegiatan operasionalnya sehari-hari. Demikian pula suatu perusahaan harus memperhatikan pengelolaan modal kerja sebaik mungkin agar dapat digunakan secara efektif dan efisien. Efektivitas modal kerja dari suatu perusahaan ditunjukkan oleh perputaran modal kerja perusahaan yang bersangkutan. Perputaran modal kerja dimulai sejak kas ditanamkan dalam komponen-komponen modal kerja hingga menjadi kas lagi melalui hasil penjualan. Dalam mencapi tujuan perusahaan yaitu memaksimalkan nilai, maka perlu sejumlah modal tambahan untuk mengembangkan perusahaan dalam hal ini berkaitan dengan hutang (leverage). Penggunaan leverage dapat berdampak terhadap Return on Assets (ROA), tergantung pada rentabilitas ekonomi perusahaan dan besarnya tingkat bunga pinjaman. Pada keadaan ekonomi yang baik dimana tingkat rentabilitas tinggi dari pada tingkat bunganya, maka penggunaan leverage yang tinggi dapat mengakibatkan Return on Assest (ROA) yang diharapkan perusahaan semakin besar. Penelitian ini dilakukan pada 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Jakarta (BEJ). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data skunder. Untuk mengetahui adanya pengaruh antara perputaran modal kerja dan rasio leverage terhadap tingkat rentabilitas pada perusahaan digunakan uji statistik t dan F. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata perputaran modal kerja selama periode analisis yaitu tahun 2004 sampai dengan tahun 2005 adalah sebesar 4,67 dengan standar deviasi sebesar 14,66 ; rata-rata rasio leverage adalah sebesar 46,55% dengan standar deviasi sebesar 22,12% ; sedangkan rentabilitas jika dilihat dari Return on Assets (ROA) secara rata-rata adalah sebesar 10,04% dengan standar deviasi sebesar 17,22%. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi ganda (multiple regression test) Y = 0,2383 + 0,0013X1 – 0,3103X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa setiap terjadi perubahan 1 unit pada perputaran modal kerja maka tingkat ROA akan berubah sebesar 0,0013 unit, dan setiap terjadi perubahan 1 unit pada rasio leverage maka tingkat ROA akan berubah sebesar 0,3103. Pengujian hipotesis diuji secara parsial dan simultan. Secara parsial dapat disimpulkan hipotesis Ho diterima, artinya “secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan baik perputaran modal kerja maupun rasio leverage terhadap tingkat rentabilitas pada perusahaan”. Sedangkan secara simultan hipotesis Ha diterima, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja dan rasio leverage terhadap tingkat rentabilitas pada perusahaan”.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2927
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.887Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 31.58Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.58Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.66Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 59.69Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record