HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN ( Survey pada Perusahaan Semen yang Go Public di BEJ )

Widyatama Repository

HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN ( Survey pada Perusahaan Semen yang Go Public di BEJ )

Show full item record

Title: HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN ( Survey pada Perusahaan Semen yang Go Public di BEJ )
Author: Iskandar, Luciana
Abstract: Dengan berkembangan dunia usaha yang sangat cepat di masa sekarang, terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kekayaannya, kewajibannya, dan modal yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan semen yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) untuk periode tahun 2001 sampai dengan tahun 2005. perusahaan tersebut adalah PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Semen Cibinong Tbk, PT Semen Gresik (PERSERO) Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada untuk menguji hipotesis digunakan korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi korelasi product moment atau Uji t. Hasil perhitungan perputaran modal kerja menunjukkan adanya kenaikan dan penurunan selama 5 (lima) tahun, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan rata-rata sebesar 216,34%, untuk PT Semen Cibinong Tbk dengan ratarata sebesar 284,18%, dan PT Semen Gresik Tbk dengan rata-rata sebesar 376,5% sedangkan untuk tingkat likuiditas mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Untuk pengujian hipotesis dengan korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,056 untuk perputaran modal kerja dengan tingkat likuiditas (rasio cepat). Hasil korelasi tersebut menunjukkan hubungan antara perputaran modal kerja dengan tingkat likuiditas perusahaan adalah sangat rendah.. Perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,314%, artinya perputaran modal kerja mempengaruhi tingkat likuiditas 0,314%. Dari hasil uji signifikansi korelasi product moment atau Uji t didapatkan t hitung sebesar -0,427 untuk perputaran modal kerja dengan tingkat likuiditas (rasio cepat). Dengan a = 5%, derajat kebebasan df (n-2) didapatkan t tabel sebesar 2,002 sehingga didapatkan nilai t hitung < t tabel , yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja dengan tingkat likuiditas perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan perusahaan harus menggunakan modal kerja secara produktif agar tidak terdapat modal kerja yang menganggur dan menjaga tingkat likuiditas agar dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan menjaga nilai aktiva lancar lebih besar daripada hutang lancar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2924
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.808Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 38.98Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.83Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.10Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 64.32Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.56Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 29.29Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record